Soft launching Gedung Academic Health Center Rumah Sakit Unhas

  • Whatsapp
Foto bersama pada Soft Launching (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Hasanuddin melakukan soft launching Pengembangan Gedung Academic Health Center. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Gedung RSPTN Unhas, Selasa (05/04).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.,) Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed.), Direktur Utama RSPTN Unhas (Dr. dr. St. Maisuri Tadjuddin Chalid, Sp.OG (K)), Kepala Project Implementation Unit (Prof. Dr. Indrianty Sudirman, SE, M.Si.), dan Pimpinan PT. Hutama Karya.

Read More

Mengawali kegiatan, Kepala Project Implementation Unit (PIU) Prof. Dr. Indrianty Sudirman menyampaikan bahwa penyelesaian gedung Gedung Academic Health Center merupakan salah satu dari lima komponen pekerjaan yang dibiayai oleh KfW (Kreditanstalt für Wiederaufbau) Jerman untuk proyek pengembangan RSPTN Unhas.

Gedung Academic Health Center RSPTN Unhas berfungsi sebagai fasilitas pusat pendidikan dan keterampilan klinik terpadu Medical Rehabilitation Center,

Trauma Center, yang akan dilengkapi ruangan fungsional. Masih akan ada penambahan perlengkapan alat medis tahap dua untuk kebutuhan lima layanan unggulan, serta akan dirampungkan project pengerjaan lainnya.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, mengapresiasi seluruh kinerja tim RSPTN Unhas bersama para mitra terkait yang bersinergi untuk penyelesaian tahap konstruksi bangunan.

“Terima kasih kepada kementerian yang telah memfasilitasi kami sehingga RSPTN Unhas mendapatkan dukungan pendanaan oleh KfW Jerman. Kami juga berterima kasih kepada Rektor Unhas pada masanya yang telah menginisiasi pembangunan RSPTN Unhas,” kata Prof. Dwia

Sebagai pimpinan universitas, beliau berharap RSPTN Unhas dapat membuktikan eksistensinya sebagai pusat pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian dengan memiliki kualitas pelayanan kesehatan yang didukung dengan perpaduan peralatan medis terlengkap dan lebih canggih.

“Kita harap RSPTN Unhas bisa setara dengan pelayanan internasional, kita punya potensi untuk itu. Kehadiran Academic Health Center akan memicu hasil riset dan produk inovatif dari penelitian di laboratorium,” jelas Prof. Dwia.

Direktur Sumber Daya Dikti, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., menyampaikan bahwa Gedung Gedung Academic Health Center RSPTN Unhas ini telah sejak lama dinantikan sebagai program unggulan.

Proyek ini membantu pengembangan tridarma perguruan tinggi yang berkaitan antara akademik dan pelayanan kesehatan.

“Pihak Kementerian menyadari bahwa kebutuhan fasilitas pendidikan tenaga kesehatan dalam mendapatkan karir tertinggi dalam bidang akademik sangat dibutuhkan melalui hasil karya ilmiah yang diterbitkan di bidang kesehatan. Hadirnya Academic Health Center RSPTN Unhas ini sangat mendukung para dokter dalam menjalankan tridarma,” kata Dr. Mohammad Sofwan.

Peresmian Gedung Academic Health Center RSPTN Unhas ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Direktur Sumber Daya Dikti Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., bersama Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.

Soft launching berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita, ditutup dengan meninjau progres pembangunan Gedung Academic Health Center RSPTN Unhas. (*/dhs)

Related posts