Biro Organisasi Pemprov Sulsel gelar Coaching Clinic Inovasi Pelayanan Publik 2022

  • Whatsapp
Asisten Administrasi Tautoto Tanaranggina saat membacakan sambuta Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (dok: pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Mirna memberikan apresiasi yang tinggi kepada Top 30 inovasi pelayanan publik dan 6 Finalis Kelompok Replikasi pada KIPP Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.

Dia menyampaikan itu saat memberi laporan pada pembukaan acara Coaching Clinic untuk Inovasi Pelayanan Publik yang digelar oleh Biro Organisasi Pemprov Sulsel bekerjasama beberapa alumni proyek mitra seperti GIZ Transformasi, KOMPAK, Yayasan BaKTI hingga Yayasan COMMIT.

Read More

“Mari kita manfaatkan momentum Coaching Clinic ini sebagai pembelajaran dalam menciptakan inovasi yang berkelanjutan, dan kedepannya akan mengantarkan Sulawesi Selatan menjadi provinsi dengan inovasi pelayanan publik terbaik di Indonesia bahkan di mancanegara,” sebut Andi Mirna dalam laporan tertulisnya yang dibacakan Nurkalbi, S,E, M.M dari Biro Organisasi Sulsel.

Menurutnya, dasar dari pelaksanaan Kegiatan ini adalah: Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 91 Tahun 2021 tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan reformasi birokrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pedoman Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik,” paparnya.

Selain itu, merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 89 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik serta Peraturan Daerah Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2010 tentang Pelayanan Publik.

Lalu ada Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Pelaksanaan Peraturan Daerah Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2010 tentang Pelayanan Publik.

“Termasuk Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan; i. Keputusan Menteri PANRB Nomor 50 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan K/L, Pemda, BUMN dan BUMD,” tambahnya.

Menurut Kepala Biro Organisasi, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui gerakan one agency one innovation di Sulawesi Selatan.

“Kedua, membangun komitmen bersama untuk mengembangkan inovasi pelayanan publik di Sulawesi Selatan, ketiga, memotivasi perangkat daerah lingkup provinsi dan kabupaten/kota untuk menciptakan inovasi baru yang berkelanjutan,” jelasnya.

“Yang keempat, memberikan apresiasi dan penghargaan melalui Top Inovasi serta meningkatkan citra penyelenggara pelayanan publik. Dan kelima menyamakan persepsi dan pemahaman dalam Penulisan proposal inovasi pelayanan publik tahun 2022,”  terangnya.

Dalam laporannya, Kepala Biro Organisasi menyebut jumlah peserta pada kegiatan ini kurang lebih sebanyak 120 0rang yang terdiri dari 60 orang dihari pertama dan 60 org di hari kedua, yang terdiri dari para inovator Top 30 dan 6 Finalis Kelompok Replikasi KIPP Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2022, dengan didampingi Kadis/Kaban serta Kabag Organisasi.

“Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Kegiatan ini adalah terbangunnya komitmen bersama untuk mengembangkan inovasi dalam mewujudkan one agency one innovation,” sebutnya.

“Terlaksananya fasilitasi penulisan proposal inovasi pelayanan publik dalam rangka KIPP Tingkat Nasional Tahun 2022 berdasarkan Kepmenpanrb No. 50 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan K/L, Pemda, BUMN dan BUMD,” lanjutnya.

Kepala Biro Organisasi Pemprov Sulsel menyebut kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dan Kerjasama yang dilakukan oleh Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Selatan dengan mitra pembangunan KOMPAK, dan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada hari Selasa dan Kamis tanggal 5 dan 7 April 2022.

 

 

Editor: K. Azis

Related posts