Unhas terima 1.072 Maba Pascasarjana tahun akademik 2021/2022 tahap 1

  • Whatsapp
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP (Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA. ID – Universitas Hasanuddin menerima sebanyak 1.072 mahasiswa baru jenjang Pascasarjana pada proses seleksi tahap pertama untuk program magister dan doktor. Pengumuman hasil seleksi telah terlaksana pukul 15.00 Wita melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id pada Jumat (07/05).

Melalui wawancara pada Senin (10/05), Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menjelaskan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jenjang pascasarjana tidak mengalami perubahan dari proses seleksi sebelumnya.

Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bertahap untuk menyesuaikan karakteristik calon mahasiswa yang beragam dengan wilayah yang berbeda pula.

Jumlah peminat pada semester kali ini meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan semester sebelumnya. Terdapat 1.207 pendaftar untuk jenjang magister dan doktor. Peningkatan ini dipengaruhi oleh waktu seleksi yang lebih panjang dengan menerapkan sistem online.

“Proses seleksi dari semester sebelumnya dengan semester sekarang tidak jauh berbeda. Tetap menggunakan dua tahap, sekarang sudah masuk proses pendaftaran tahap kedua. Seleksi mahasiswa dilakukan bertahap karena kami ingin semua calon mahasiswa bisa terfasilitasi. Semua proses masih online dan kami juga terus memperbaiki dan meningkatkan sistem yang digunakan,” jelas Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan calon mahasiswa baru yang berhasil lolos harus melakukan registrasi ulang, membayar UKT dan menjalani proses administrasi lainnya.

Beliau berpesan, agar mahasiswa yang nantinya berhasil menempuh pendidikan di Unhas dapat memahami dengan baik peraturan akademik sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Hal ini penting demi memastikan mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu.

Untuk penerimaan tahap kedua jenjang pascasarjana Unhas telah dibuka sejak Senin (10/05). Prof. Restu menuturkan tahap kedua ini kemungkinan jumlah pendaftar akan semakin besar, mengingat tidak hanya program magister dan doktor saja, juga telah dibuka untuk program profesi dan spesialis seperti profesi Insinyur, Apoteker, Akuntansi dan Spesialis pada FK dan FKG.

“Meskipun dilakukan dua tahap, tapi proses perkuliahan akan sama yakni berlangsung di bulan Agustus. Sampai saat ini kami masih menunggu kebijakan pasti dari kementerian terkait proses perkuliahan apakah tetap terlaksana secara daring atau sudah bisa luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19,” tambah Prof. Restu.

Rincian Jumlah Pendaftar Tahap Satu Jenjang Pascarjana Unhas

1. Program Magister
– Pendaftar : 942 Peserta
– Lolos Seleksi : 834 Peserta

2. Program Doktor
– Pendaftar : 265 Peserta
– Lolos Seleksi : 238 Peserta.(*/mir)

Related posts