Surga Pulau Matan pada bidikan penggiat konservasi di Papua Barat  

  • Whatsapp
Mengabadikan keindahan surgawi Pulau Matan (dok: Wawan Mangile)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Tak keliru jika disebut bahwa salah satu provinsi terkaya sumber daya alam pesisir dan lautnya di Indonesia adalah Papua Barat. Untaian pesisir, pulau, perairan hingga ruang laut dangkal hingga dalam menyimpan berjuta potensi.

Salah satunya adalah Pulau Matan. Pulau ini terletak di antara perairan laut Raja Ampat dan Sorong.

Read More

“Secara administrasi masuk wilayah Raja Ampat meski lebih dekat ke Sorong dibandingkan Waisai,” kata Wawan Mangile, fotografer bawah laut, penyelam dan pemberdaya masyarakat pesisir Papua Barat.

Menurut Wawan yang bekerja di Yayasan Konservasi Alam Nusantara ini, pulau kecil berpasir putih ini cukup populer di kota Sorong. “Sabtu Minggu ramai dikunjungi warga yang ingin melepas penat dan bersantai di pantai,” imbuhnya.

“Bawah lautnya pun mantap, topografi karang dinding dengan dasar 18-20 meter cocok bagi penyelaman pemula,” sebut Wawan.

Meski demikian, dia mengingatkan untuk tetap waspada. “Harus hati-hati karena arus di Matan cukup kencang ketika surut dan pasang air laut. Bagian lereng terumbu 5-7 meter kita bisa menemukan kombinasi karang keras, karang lunak dan Gorginian (kipas laut) yang warnanya menarik,” paparnya.

“Oh iya yang suka macro boleh juga nih tempat banyak nudi, orang utan crab, pigmy. Jika beruntung kita bisa bertemu Wobbegong atau Carpet Shark,” katanya.

Lalu seperti apa contoh keindahan perairan Pulau Matan nan surgawi itu? Mari selami gambar Wawan Mangile berikut ini.

Keindahan Nudibranch di Pulau Matan (foto: Wawan Mangile)
Kipas Gorgonian di dasar laut Matan (foto: Wawan Mangile)
Intim dengan Nudibranch, pesona keindahan tiada tara. Bagus untuk fotografer bawah laut. (foto: Wawan Mangile)
Rahasia. Tenang. Misterius. Tantangan di dasar laut Pulau Matan (foto: Wawan Mangile)

Related posts