Sepuluh paus ditemukan mati di pesisir NTT

  • Whatsapp
Paus yang ditemukan mati minggu ini (dok: BKSDA/AFP)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Sepuluh paus ditemukan mati terdampar pada hari Kamis, 30 Juli 2020 di pesisir Nusa Tenggara. Beredar foto-foto yang menunjukkan bagaimana penduduk setempat bergegas mendorong paus yang masih hidup dari pantai untuk kembali ke laut.

Paus-paus tersebut berukuran antara dua hingga enam meter panjangnya, ditemukan di salah satu pantai di terpencil Nusa Tenggara Timur. Hal ini dibenarkan oleh Ikram Sangadji, Kepala Balai KKPN-KKP di Kupang.

Read More

Pada rekaman yang beredar diperlihatkan sekitar10 orang pria berjuang untuk mendorong ikan paus yang masih hidup untuk kembali ke laut. Paus tersebut disebut terluka dan bisa lolos kembali ke laut.

Menurut Ikram Sangadji, paus tersebut adalah paus pilot sirip pendek. Gambar-gambar tersebut merupakan rilis dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam Indonesia (BKSDA) yang merupakan bagian dari Kementerian Kehulatan dan Lingkungan Hidup.

Pilot pilot bersirip pendek memang disebut jinak dan sering tersesat di pantai-pantai dangkal. Belum ada penjelasan di balik realitas ini.

Lantaran dekatnya dengan pantai, paus-paus ini mudah ditangkapi. Mereka bisa saja bermain di sekitar terumbu karang.

Beberapa waktu lalu, seekor paus biru raksasa sepanjang 23 meter didapat hanyut di dekat pantai dekat ibu kota Nusa Tenggara Timur, Kupang. Sebelumnya, tujuh paus pilot ditemukan tewas di dekat Kupang Oktober lalu.

SUMBER: BKSDA/AFP News

Related posts