COREMAP kembali bergulir, Kementerian PPN/Bappenas melalui ICCTF jadi pelaksana

  • Whatsapp
Sosialisasi biota laut dilindungi, salah satu bagian dalam pelaksanaan COREMAP di lokasi CTI (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Surat tertanggal 22 Juli 2020 dan bernomor 08470/SES/07/2020 dari Sekretaris Utama Kementerian PPN/Bappenas, Himawan Hariyoga, menjadi penegas bahwa program pelestarian terumbu karang terbesar yang pernah ada yaitu Coral Reef Rehabiltation and Management Program kembali digelar.

Proyek besar yang berfokus pada pengelolaan terumbu karang ini telah dilaksanakan sejak tahun 1998 melalui COREMAP fase I pada beberapa wilayah seperti Selayar Sulsel, Padaido Papua (Bank Dunia) hingga perairan di Sumatera (Riau) melalui ADB. Ini berlangsung hingga 2003.

Setelah itu, dilanjutkan dua tahun kemudian sebagai COREMAP fase II hingga 2013 meski kemudian sempat tertahan beberapa tahun dengan fokus program para pengembangan kesadaran masyarakat (public awareness), kelembagaan, penelitian, MCS hingga pengelolaan berbasis masyarakat.

Yang menarik, jika COREMAP fase I di bawah manajemen atau pengendalian oleh LIPI, maka di COREMAP II ada di bawah kendali Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP.  Nah, pada fase III ini, COREMAP CTI berada di bawah kendali dan koordinasi PPN/Bappenas melalui ICCTF.

Tahun ini, COREMAP muncul dengan nama baru Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI).

Bagi Pemerintah, ini merupakan salah satu upaya nyata dari Pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian sumber daya terumbu karang, ekosistem terkait dan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir .

Resmi diluncurkan

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan COREMAP-CTI ini dukung oleh dana hibah GEF melalui World Bank dan Asian Development Bank dan dilaksanakan oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF),” demikian penjelasan Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Hariyoga melalui surat undangannya tertanggal 22 Juli 2020.

Himawan melanjutkan bahwa sekaitan dengan itu, untuk menandai dimulainya COREMAP CTI Bank Dunia dan ADB maka akan digelar kick off meeting COREMAP CTI ‘Pelestarian Terumbu Karang untuk Kesejahteraan Masyarakat’ pada Kamis, tanggal 30 Juli 2020, pukul 09.00 WIB sampai selesai melalui aplikasi releconferen Zoom. Meetng ID 363 861 0192.

Adapun rangkaian acara melalui paparan atau keynote speech MKP Edhy Prabowo, Opening speech, Menteri PPN/Kepala Bappenas lalu Kick off COREMAP – CTI oleh dua menteri.

Selanjutnya atas moderasi Direktur Eksekutif ICCTF akan hadir pembicara yaitu Dr Ir Aryo Hanggona, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementeran Kelautan dan Perikanan, KKP, Dr Arifin Rudiyanto, Deputi Bidang Kemartiman dan Sumber Daya lam Kementerian PPN/Bappenas.

Pembicara lainnya adalah Rolande Simone Pryce, Opeation Manager, Indonesia and Timor-Leste, The World Bank, lalu ada Said Zaidansyah, Deputy Country Director ADB – Indonesia serta Naneng Setiasih, Coral Reef Management and Ecoutourism Specialist.

 

Related posts