Dosen FIKP Unhas Perkuat Kapasitas Poklahsar Us Familiy Pinrang untuk Pengolahan Produk Berbahan Baku Bandeng

  • Whatsapp
Para peserta dan narasumber pelatihan pengolahan dan pemasaran produk ikan (dok: FIKP Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengolahan produk ikan, Tim Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) menggelar penguatan kapasitas kelompok pengolahan dan pemasaran produk perikanan di Kabupaten Pinrang.

Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu hingga Minggu atau tanggal 27 hingga 28 April 2024 di Jalan Bompatue, Lappa-Lappae Kelurahan Tellumpanua, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang bersama mitra pengabdian Poklahsar Us Family.

Tim FIKP terdiri dari Dr. Nursinah Amir, S.Pi., M.Si. selaku ketua tim dan didampingi anggota tim pengabdian Dr. Yayu A. La Nafie, ST., M.Sc., Kasri, S.Pi., M.Si. dengan menggelar pelatihan pembuatan dan pemasaran produk inovatif dari ikan bandeng.

Read More

Nursinah Amir sebagai ketua tim menyampaikan, kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin-Program Kemitraan-Masyarakat (PPMU-PK-M).

“Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan kelompok mitra dalam pengolahan hasil perikanan serta mewujudkan kelompok mitra yang mandiri secara ekonomi,” jelas Nursinah kepada Pelakita.ID, Minggu, 28/4/2024.

Dia menyebut, target khusus yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah mengembangkan produk makanan berbasis ikan bandeng dari kelompok mitra sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Pinrang.

“Metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan dan target PPMU-PK-M ini adalah kombinasi dari beberapa pendekatan yaitu penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi sebagai bentuk solusi dari permasalahan yang dihadapi mitra.” terangnya.

Mengolah produk perikanan dengan baik dan benar untuk peningkatan ekonomi anggota Poklahsar di Pinrang (dokL FIKP Unhas)

Pelatihan ini difokuskan pada teknik pembuatan dan pemasaran produk ikan bandeng tanpa tulang serta nugget ikan bandeng.

Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh tingginya potensi ikan bandeng di Kabupaten Pinrang.

“Melalui pelatihan ini kami berharap akan muncul diversifikasi olahan ikan bandeng lainnya seperti nugget dan abon dari ikan bandeng sebagai alternatif produk selain abon ikan tuna yang selama ini diolah dan dipasarkan oleh mitra,” ucap Nursinah.

Kegiatan ini juga menghadirkan Dr. Syahrul, S.Pi., M.Si sebagai pakar pengolahan produk perikanan dari FIKP Unhas sebagai narasumber utama.

Pada pelatihan itu, tim FIKP Unhas dan narasumber tidak hanya memberikan teori tentang pemilihan bahan baku yang berkualitas, teknik pengolahan yang tepat, tetapi juga bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk produk-produk tersebut.

“Termasuk melatih peserta yang merupakan ketua dan anggota mitra untuk praktek diversifikasi dan cara pemasaran produk,” pungkas Nursinah.

Anggota Kelompok Poklahsar Us Family antusias mengikuti sesi praktik pengolahan ikan bersama tim FIK Unhas (dok: FIKP Unhas)

Acara ini dihadiri pula oleh staf Dinas Perikanan Pinrang.

Editor: Denun

Related posts