Coral Triangle Day 2024, Merayakan 15 Tahun CTI-CFF di Manado, Sulawesi Utara

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Inisiatif Segitiga Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Keamanan Pangan atau Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) dengan bangga mengumumkan perayaan 15 tahun lahirnya inisiatif ini di Manado, Sulawesi Utara.

Perayaan besar momen bersejarah ini akan dilakukan pada Hari Segitiga Karang (Coral Triangle Day) 2024, akan menyatukan para pemangku kepentingan internasional, regional, dan nasional untuk memperingati kemajuan yang telah dicapai dalam melestarikan kawasan laut dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia.

Perayaan ini akan diselenggarakan tanggal 1-11 Juni 2024 oleh Sekretariat Regional CTICFF bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan berbagai lembaga pemerintah dan mitra.

Antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), serta Blue Institute.

“Kami sangat senang menjadi tuan rumah perayaan bersejarah ini di Manado, tempat kelahiran CTI-CFF,” kata Dr. Frank Keith Griffin, Direktur Eksekutif Sekretariat Regional CTI-CFF.

“Saat kami merayakan pencapaian kami selama 15 tahun terakhir, kami juga sadar akan tantangan yang ada di depan. Melalui kolaborasi dan inovasi, kami tetap berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang luar biasa di Coral Triangle untuk kepentingan generasi saat ini dan mendatang.”

Di tengah perayaan ini terdapat serangkaian kegiatan menarik yang dirancang untuk menghadapi tantangan ke depan di wilayah Coral Triangle.

Seperti Simposium Sains CTI, Seminar tentang Peran Perempuan dalam Perikanan, Global Blue Economy Conference, Kompetisi Foto dan Video Bawah Air Coral Triangle, dan banyak lagi yang dapat diikuti oleh masyarakat di Manado dan seluruh dunia.

Bagi Pemerintah Provinsi, perayaan ini juga menandai inisiasi Peraturan Presiden No. 16/2024 tentang Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional Manado-Likupang.

Dengan mempromosikan praktik pariwisata yang berkelanjutan, pengembangan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi wilayah tersebut sambil menjaga warisan alamnya untuk generasi mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, CTI-CFF akan meluncurkan Coral Triangle Conservation Fund, sebuah badan dana amanah yang didedikasikan untuk menggerakkan dukungan finansial untuk upaya konservasi di wilayah Segitiga Karang. CTI-CFF juga akan menandatangani perjanjian kemitraan dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan di bidang konservasi laut.

Coral Triangle Day 2024 dipastikan akan menjadi acara bersejarah, menyatukan para pemangku kepentingan dalam komitmen bersama untuk menjaga salah satu wilayah laut yang paling penting secara ekologi di dunia.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan tentang acara ini, silakan cermati akun media sosial CTI-CFF.

Tentang Coral Triangle dan CTI-CFF

Wilayah Coral Triangle, yang membentang sekitar 6 juta km persegi di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor-Leste, adalah pusat keanekaragaman hayati laut, dengan 76% spesies karang, 37% ikan karang, dan spesies bernilai komersial tinggi seperti tuna.

Sebagai tempat tinggal paus, lumba-lumba, pari, hiu, dan enam spesies penyu laut, wilayah ini menghadapi ancaman dari pembangunan yang tidak berkelanjutan, penangkapan ikan yang merusak, penangkapan berlebihan, dan perubahan iklim.

Pada tahun 2009, enam negara tersebut berkomitmen untuk mendirikan Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF), sebuah upaya kolaboratif yang berfokus pada konservasi keanekaragaman hayati dan keamanan pangan melalui pengelolaan sumber daya laut yang berkelanjutan.

Strategi dan aktivitias CTI-CFF ditetapkan dalam Regional Plan of Action (RPOA) 2.0 yang dapat diunduh di situs web: www.coraltriangleinitiative.org. Tentang Hari Segitiga Karang 2024 Beberapa acara selama perayaan Hari Segitiga Karang 2024:

Simposium Sains CTI:

Para akademisi dan ilmuwan terkemuka yang merupakan bagian dari kelompok kerja Kemitraan Universitas CTI-CFF (CTI-CFF University Partnership), yang dipimpin oleh Universitas Sam Ratulangi di Manado, akan berkumpul untuk bertukar pandangan dan temuan penelitian tentang subjek penting termasuk kesehatan karang, pengelolaan perikanan yang berkelanjutan, kawasan lindung laut, dan konservasi spesies laut yang dilindungi.

Simposium ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan solusi inovatif untuk pelestarian keanekaragaman hayati laut di Segitiga Karang.

Seminar tentang Peran Wanita dalam Perikanan:

Mengakui kontribusi signifikan wanita dalam sektor perikanan, sebuah seminar khusus akan membuka wawasan untuk mendukung wanita dalam praktik perikanan yang berkelanjutan.

Acara ini akan diselenggarakan dalam kemitraan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, melibatkan kelompok kerja CTI-CFF Women Leaders’ Forum.

Diskusi akan difokuskan pada meningkatkan kesetaraan gender, mempromosikan peluang ekonomi, dan memperkuat ketahanan masyarakat di daerah pesisir melalui pengakuan pada peran perempuan di sektor perikanan.

Konferensi Ekonomi Biru Global:

Para pemangku kepentingan dari seluruh dunia yang mengandalkan sumber daya Coral Triangle untuk bisnis atau penghidupan mereka akan berkumpul untuk membahas tantangan dan peluang yang terkait dengan ekonomi berbasis laut yang berkelanjutan.

Konferensi ini, diselenggarakan dalam kerjasama dengan Blue Institute, akan berfungsi sebagai platform untuk membentuk kemitraan dan mengidentifikasi strategi kolektif untuk memastikan kelestarian sumber daya laut Coral Triangle dalam jangka panjang.

Related posts