Kini ODGJ Binaan Sentra Wirajaya Makassar Miliki Buku Tabungan

  • Whatsapp
Buku tabungan. Kini di tangan (Dok: Sentra Wirajaya Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Memberdayakan orang melalui program pembinaan yang tertata dan kontinyu tentu akan membuahkan hasil yang menggembirakan, tak terkecuali pembinaan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Program rehabilitasi sosial dengan pendekatan residensial di Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Wirajaya di Makassar telah berhasil memberdayakan Penerima Manfaat (PM).

Kali ini, Kepala Sentra Wirajaya di Makassar Nur Alam Kembali menyerahkan Buku Tabungan beserta Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kepada salah seorang PM penyandang disabilitas Mental (ODGJ) bernama Pither Rantekatoan yang akrab disapa Pither, bertempat di area kebun budidaya hidroponik Sentra Wirajaya Makassar, Selasa (14/05/24).

Sebelumnya, Sentra Wirajaya Makassar juga telah berhasil menyalurkan salah seorang PM ODGJ atas nama Faisal Malik untuk bekerja di salah satu Perusahaan pengolahan sampah di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Nur Alam merasa bangga Saat menyerahkan buku tabungan dan ATM kepada Pither.

Dirinya berpesan, jika buku Tabungan ini menjadi bukti, kalau Pither adalah PM yang produktif dan boleh dikatakan sudah mandiri, karena Pither serius dan disiplin mengikuti program rehabilitasi sosial di Sentra Wirajaya Makassar.

Lebih jauh, Nur Alam juga berpesan kepada Pither, jika setiap hasil panen dan penjualan dari kebun hidroponik, sebaiknya Sebagian disisihkan untuk ditabung.

Pesan Nur Alam dan disambut baik oleh Pither.

“Kami berterima kasih kepada bapak, karena sudah dibuatkan buku Tabungan, sehingga setiap kali habis panen dan sayurnya terjual, pasti kami akan menabung,” ucap Pither.

Sejak mengikuti program rehabilitasi sosial di Sentra Wirajaya, budidaya kebun hidroponik yang dikelola oleh Pither bisa menghasilkan sekitar Rp. 1.300.000 (Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah) per sekali penen, dan untuk sekali panen, cukup menggunakan waktu sekitar 40 hari.

Dari hasil tersebut sebagian di tabung, dan selebihnya digunakan untuk modal usaha budidaya Hidroponik agar berkelanjutan.

Sementara untuk PM ODGJ lainnya juga mendapatkan bimbingan berkebun.

Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam, baik kangkung, bayam, Ubi, timun dan juga pepaya California.

Selain itu, mereka juga mendapatkan pembinaan untuk usaha Car Wash atau lebih dikenal usaha pencucian mobil.

Related posts