Porkot 2023 Makassar Berlangsung Sukses, Rappocini Juara Umum

  • Whatsapp
Peringkat peserta Prokot 2023 (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID Porkot 2023 Makassar yang bertema ‘Cetak Juara, Makassar untuk Indonesia resmi berakhir hair ini. Kecamatan Rappocini menjadi juara umum pada pelaksanaan Pekan Olahraga empat tahunan tersebut.

Informasi tersebut disampaikan pada kegiatan terakhir pelaksanaan Porkot di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu, 29 Oktober 2023.

Acara didahului gerak jalan sehat, hiburan dan pembagian doorprize. Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto jua yang memberikan pialaa kemenangan untuk Camat Rappocini, M. Aminuddin, S.Sos., M.AP .

Peringkat kedua adalah Kecamatan Tamalate disusul Biringkanaya.  Total perolehan medali Rappocini 70 sementara Tamalate 73.

Perolehan emas Rappocini dan peringkat kedua Tamalate sama-sama 24, namun Rappocini unggul perak 25 dan perunggu 21, sementara Tamalate  19 perak, 30 perunggu.

Biringkanaya dapat 22 emas. Biringkanaya patut berbangga karena merupakan juara 1 untuk cabang olahraga sepakbola.

Kecamatan Biringkanaya mengalahkan Kecamatan Mamajang dengan skor 2-0 pada laga final yang digelar di Lapangan Telkom Makassar, Kamis (25/10/2023).

Sementara tiga terbawaha dalah Kepulauan Sangkarrang, Bontoala dan Tallo. Tallo dapat 5 emas, Bontoala 3 dan Sangkarrang nihil.

Diinformasikan pula bahwa para atlet yang mengukir prestasi akan mendapatkan bantuan pembinaan dan bisa diambil di Kantor Koni Makassar di Jalan Kerung-Kerung tanpa diwakili.

Berlangsung sukses

Meski sempat diwarnai insiden ‘Kuda Terbang’ pada malam pembukaan, secara umum pelaksanaan Porkot Makassar yang digelar sejak 20 Oktober hingga 28 Oktober 2023 berlangsung sukses.

Selama 8 hari sejak 21 sampai 28 Oktober 2023 telah mempertandingkan 26 cabang olahraga

Selain antusiasme masyarakat dan atlet dari 15 kecamatan juga karena kualitas persiapan, logistik, kesiapan dokter dan nakes, official, wasti, kondisi lapangan dan kepuasan pemain yang  positif.

Pelakita.ID mewawancarai beberapa pihak seperti pelatih sepakbola Panakukang bernama Saharuddin dari mengaku senang dengan proses pertandingan termasuk ketatnya wasit.

“Atturan ketat,” kata dia saat mendampingi anak asuhnya memenangkan pertandingan keduanya di Lapangan Emmy Saelan Hertasning. Panakukang sendiri sebagai juara tiga setelah mengalahkan Kecamatan Tallo melalui adu penalti dengan skor 4-2 (0-0).

Hal senada disampaikan oleh panitia pertandingan panjat tebing bernama Ary.

Dia mengaku kesiapan logistik dan proses pertandingan berjalan lancar. “Termasuk kesiapan tenaga medis, semua harus ada sebelum pertandingan digelar,” katanya di sisi lapangan Emmy Saelan.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Makassar, Andi Bukti Jufri mengaku senang dengan proses pertandingan yang berlangsung lancar.

Meski menurutnya, bukan hanya mudah untuk mengatur untuk memastikan proses panjat tebing berlangsung.

“Ada risiko dan perlu penanganan serius, terima kasih kepada semua tim peserta, panitia, atlet dan pengawas pertandingan,” kata Andi Bukti.

Khusus untuk sepakbola pelaksanaan pertandingan menuju 8 besar dilaksanakan di Lapangan Telkom mengingat kondisi Emmy Saelan yang tidak terlalu bagus, banyak debu.

Pelakita.ID berkunjung ke sejumlah event, seperti Sepabola, Panjat Tebing, Taekwondo, Catur, Karate, Sepaturoda, Domino, hingga Volly Indoor.

Secara umum proses dan kualitas pertandingan bisa disebut positif. Meski ada beberapa keluhan namun tidak mengurangi euforia, suasana riang gembira dan sukacita para peserta yang mencapai 6 ribuan orang.

Di Anjungan Pantai Losari para atlet, official, nampak membaur bersama warga karena adanya ‘Kampung Atlet’ untuk semua cabang olahraga.

Redaksi

 

 

Related posts