Hadiri Puncak Pembagian 10 Juta Bendera, Adnan Sebut Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Masyarakat

  • Whatsapp
Mendagri Tito Karnavian di Bira Bulukumba (dok: Humas Pemda Gowa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meghadiri puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Lapangan Hitam Kawasan Wisata Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Jum’at (11/8).

Bupati Adnan hadir didampingi Sekretaris Daerah, Kamsina dan beberapa SKPD terkait mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-78  Republik Indonesia sekaligus menumbuhkan kekompakan dan jiwa nasionalisme.

“Hari ini saya menghadiri langsung penyerahan 10 juta bendera merah putih yang diserahkan langsung oleh Bapak Menteri Dalam Negeri,” kata Adnan.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan tahun ini puncaknya dilaksanakan di Sulawesi Selatan yan bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat,” ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Adnan mengaku, di Kabupaten Gowa sendiri telah menindaklanjuti hal itu dengan target 30 ribu bendera, dimana saat ini sudah dalam tahap penyaluran kepada masyarakat melalui pemerintah camat, desa/kelurahan.

“Kami sudah mengeluarkan edaran Juli kemarin, dan meminta partisipasi dari berbagai pihak, khususnya Instansi Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD/Swasta, Pimpinan Partai Politik, Lembaga Kemasyarakatan, Organisasi Masyarakat, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Kepala Desa/Lurah,” katanya,

“Telah terkumpul hampir 30 ribu bendera serta penyalurannya sudah hampi 80 persen,” tambahnya.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gowa, Mappasomba mengatakan sasaran dari pembagian bendera ini yakni masyarakat kurang mampu yang belum memiliki bendera.

“Kita sudah mulai salurkan sejak beberapa waktu lalu, dimana bentuk penyalurannya, Pemkab Gowa dalam hal ini kami menyerahkan ke kecamatan dan camat menyerahkan ke pemerintah desa/lurah yang selanjutnya mereka yang memberikan ke masyarakat sesuai dengan target sasaran,” sebutnya.

Ia menyebut, target bendera yang terkumpul tahun 2023 ini sebanyak 30 ribu atau meningkat jika dibandingkan tahun 2022 lalu yaitu 27 ribu bendera.

“Alhamdulillah tahun ini meningkat karena banyaknya tambahan partisipasi dari luar seperti instansi vertikal, swasta, organisasi dan lainnya,” jelasnya.

Pada puncak gerakan nasional di Bulukumba Sulsel ini, diserahkan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian kepada perwakilan kelompok masyarakat.

Ia mengatakan pembagian 10 juta bendera merah putih di seluruh Indonesia selama bulan Agustus merupakan bentuk untuk memeriahkan HUT ke-78 RI dan menggelorakan simbol penyatu yaitu bendera merah putih, bendera nasional, bendera kebangsaan Indonesia.

“Nah ini dilakukan di seluruh daerah, karena kita minta untuk membagikan kepada masyarakat. Bahkan per hari ini sudah di angka 13 juta jadi melebihi target dan masih terus berlanjut sampai dengan 31 Agustus, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi,” katanya

Ia berharap melalui gerakan nasional ini, akan meningkatkan semangat nasionalisme dan kesatuan bangsa di Indonesia yang makin kuat.

Terlebih kegiatan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar khususnya di Sulsel ini seperti UMKM, penginapan, restoran, dan transportasi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi.(NH)

Sumber: Humas Pemda Gowa

Related posts