In memoriam Prof Marwan Mas di mata advokat Anwar Ilyas

  • Whatsapp
Advokat Anwar Ilyas (kiri) dan Abd Azis di ruang meeting Tribun Timur (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Advokat Anwar Ilyas memberi pandangan terkait eksistensi dan perjuangan Prof Marwan Mas berpulang tanggal 4 Maret 2023.

Prof Marwan adalah akademisi, penulis dan penggiat antikorupsi di Makassar hingga nasional yang berkiprah sejak tahun 90-an.

Sebelum jadi dosen, Marwan muda adalah seorang polisi. Profesi yang ditinggalkan lalu menjadi tenaga pengajar di Universitas 45 sebelum pindah ke Universitas Bosowa.

Kepada Pelakita.ID, Anwar mengaku mempunyai banyak pengalaman dan kesan mendalam terkait almarhum.

“Mengenal beliau sejak saya masih mahasiswa melalui tulisan-tulisannya di Harian Fajar atau Pedoman Rakyat saat itu,” ucap Anwar.

Dia mengaku semakin mengenal Marwan Mas saat bergabung dengan YLBHI – LBH Makassar, ACC. “Di sana saya lebih sering berinteraksi dengan beliau di sejumlah forum,” tambahnya.

Bagi Anwar, Marwan Mas adalah aktivis yang konsisten sebagai ahli hukum. “Dia tidak mau menjadi saksi ahli di pengadilan terkhusus untuk perkara korupsi,” sebut Anwar.

“Almarhum sangat produktif dalam menulis, pernah nanya berapa sih jumlah tulisan atau artikel yang pernah ditulis, dihasilkan. Beliau sebut sekitar 1100 sekian. Wow,: seru Anwar.

Dia juga menyebut mengenal Marwan Mas sebagai sosok sederhana. “Sederhana dalam penampilan, belum pernah melihat beliau naik mobil, ke mana-mana hanya naik motor butut,” imbuhnya.

“Beliau juga konsisten dalam urusan gaya cukurnya yang agak model Duran Duran, grup band tenar tahun 80-an,” pungkasnya.

 

Editor: K. Azis

Related posts