Bupati Budiman Hakim luncurkan Desa Tangguh Inflasi, Wanasari jadi pilot

  • Whatsapp
Bupati Budiman memberi bantuan bibit p pohon untuk masyarakat Desa Wanasari (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Bupati Luwu Timur Budiman Hakim meluncurkan Desa Tangguh Inflasi sebagaimana menjadi arahan Presiden Jokowi.

Informasi ini mengemuka saat Budiman menghadiri High Level Meeting Forkopimda dengan membahas antisipasi kelangkaan BBM dan distribusi barang kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru, Jumat, 17/12/2022.

Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Luwu Timur (Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Kapolres Luwu Timur, Dandim Sawerigading Palopo, para Kepala SKPD se-Luwu Timur, para camat se-Luwu Timur dan tokoh masyarakat.

Read More

Terkait Desa Tangguh Inflasi, Budiman menyebut merupakan tindak lanjut arahan presiden Jokowi tentang pengendalian inflasi di daerah sekaligus mengurangi imbas inflasi dan krisis global berkepanjangan terhadap masyakat di daerah.

Hasil yang diharapkan oleh Budiman adalah masing-masing kepala keluarga memelihara sayuran kebutuhan sehari hari minimal 20 pohon setiap rumah tangga.

Desa Tangguh Inflasi diperkuat dengan kegiatan pengembangan mata pencaharian usaha perikanan. Anggota Forkopimda menebar benih ikan di kolam warga (dok: istinewa)

“Kita juga ingin masyarakat tidak perlu lagi membeli sayur-sayuran, sisa memetik di halaman rumah,” tambahnya.

Desa Tangguh Inflasi disampaikan di depan pertemuan Forkompimda.  “Walaupun kita tinggal di desa, kita mesti bersiap siap menghadapi krisis global berkepanjangan dan inflasi,” kata Budiman.

Desa Wanasari yang dikunjungi oleh Bupati Budiman ditunjuk sebagai model desa tangguh inflasi memiliki 400 kepala keluarga, terdiri dari 3 dusun dan 17 kelompok dasa wisma.

Dalam kunjungan ke Wanasari, Bupati Budiman yang energik ini sekaligus ketua  partai PDI Perjuangan Kabupaten Luwu Timur ini menyerahkan benih sayur-sayuran siap semai seperti bibit cabe,  tomat, kacang panjang, terong, dan bibit sayuran lainnya serta poliybag media tanam.

Dari bibit sayuran yang dibagikan tersebut sehingga semua kepala keluarga akan memiliki tanaman sayur-sayuran kebutuhan sehari hari sebanyak 20 pohon setiap pekarangan rumah warga.

Bupati Budiman berkunjung ke Pasar Kaget Desa Tangguh Inflasi Wanasari di Angkona (dok: istimnewa)

“Nanti bibit sayuran ini di rawat ibu-ibu ya? sehingga nanti kebutuhan pangan sehari hari tidak beli lagi, cukup petik di halaman,” ungkap Budiman yang disambut tepuk tangan ibu-ibu yang hadir.

Selain menyerahkan bibit sayuran, Budiman bersama Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Kapolres, Perwakilan DANDIM Sawerigading,  Direktur PT Bumi Maju Sawit dan Kepala SKPD Luwu Timur  lainnya melepas bibit ikan di kolam desa Wanasari.

“Kegiatan yang kita lakukan hari ini walaupun kecil tapi diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat desa-desa lain sehingga imbas dari inflasi dan krisis global tdk terlalu berimbas di daerah kita.  Terima kasih Forkopimda, pimpinan perusahaan sawit PT BMS yang menjadi start up kegiatan ini,” pungkas Bupati Budiman.

 

Editor: K. Azis

Related posts