Nikmatnya menjelajah lekuk gua terumbu Pulau Kapoposang

  • Whatsapp
Daya tarik Pulau Kapoposang (dok: Ilham Mahmuda)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ilham Mahmuda seakan tidak pernah lelah mengabarkan kebaikan, pesona dan keindahan bawah laut Pulau Kapoposang.

Kapoposang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Pangkep, Sulsel dan dapat dijangkau selama 2 jam perjalanan dengan speedboat dari Makassar.

Terumbu karang Pulau Kapoposang (dok: Ilham Mahmuda)

Jika ingin menggunakan perahu sekoci pappalimbang dari Pantai Losari atau Dermaga Kayu Bangkoa Makassar, sekira 3 jam sudah sampai. Perahu ini maksimum berisi delapan orang.

Setelah beberapa waktu lalu mengabarkan hasil monitoring kesehatan karang di terumbu Kapoposang yang memukau dan semakin baik, pekan ini, Ilham membagikan spot selam serupa gua yang aduhai.

Foto-foto yang menggoda, menyiksa rindu laut, pada latar lautan biru, umbai spesies asosiasi karang, gradasi warna dan gelembung air yang memanggul-panggul.

Cave Pont Kapooposang yang menggoda iman penyelam (dok: Ilham Mahmuda)

“Pemandangan bawah laut tidak ada duanya di Sulawesi Selatan.  Pulau Kapoposang-Cave point,” sebut Ilham melalui akun FB-nya. Ilham adalah ASN Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bekerja untuk Balai Koawasan Konservasi Perairan Nasional BKKPN Kupang dan bertanggung jawab untuk Kawasan Pulau Kapoposang.

Ilham sebut, foto-foto di atas menggunakan Sony RX 100 Mark 4, Nauticam RX100m4, Strobe sea and sea YS D2, 1/100, f/4.5, ISO 80. Ok buddy!

Terkait gua terumbu yang disebut Ilham di atas, titiknya di utara terumbu, pada slope yang juga kerap didatangi hiu-hiu eksotik. Penulis pernah sknorkeling di titik ini tahun tahun 1997 dan mendapati tiga ekor hiu bergerak ke dalaman sekira 15 meter.

Mari ke Kapoposang (dok: Ilham Mahmuda)

Di sekitar Cave Point terdapat pula Januar Point, titik ini merupakan lokasi penyelaman anggota DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury Dharwis yang telah mengeksplorasi kawasan ini sejak 20-an tahun silam.

Selain Januar, beberapa penyelam tenar Makassar seperti Oye Panangian hingga Andi Idris Manggabarani disebut telah berkali-kali menyelam di lokasi ini.

Penulis antara tahun 1997 hingga 2000 beberapa kali snorkeling dan menyelam di reef flat Pulau Kapoposang. Snorkeling dan diving sama nikmatnya.

Penulis merekomendasikan Pulau ini untuk dijelajah, tak hanya lautnya yang aduhai, warganya pun ramah. Kita bisa dengan mudah mendapat pelayanan dan sapaan saat naik ke darat. Rumah mereka sudah siap jadi home stay anda.

View Pulau Kapoposang di sisi utara (dok: Pelakita.ID)

KAPOPOSANG

Pada tepian jauh Spermonde ini, para pelaut Makassar menyebutnya Kapoposang. Nusa indah puspa taman laut. Begitu juluknya, dariku.

Maka pada rindang cemaranya, pada debur ombak angin timurnya, aku mengulur kenangan dan kerinduan. Pada peperahu yang mengerdipkan lentera jelang malam datang. Juga nelayan yang memanggul pukat. Juga pada menara suar yang memanggil di pucuk pulau.

Pada rasa rindu ini, aku seperti undur-undur yang mengais-kais pasir putih di beranda sukmanya. Pasrah menunggu bibir laut mengulumnya hingga ke tubir.

Giliran anda kapan? Yuk ke Kapoposang!

 

Penulis: K. Azis

Related posts