Khidmat, IKA Unhas Gorontalo bagi bantuan di tengah suasana Malam Tumbilatohe

  • Whatsapp
Aksi Alumni Peduli IKA Unhas Korwil Gorontalo di tengah suasana Malam Tumbilatohe (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – IKA Unhas Wilayah Goronatlo terus mengisi momentum kemuliaan Ramadan 1443 H dengan berbagi kelompok dhuafa. “Alhamdulillah sejak pagi kawan-kawan di lapangan terus bergerak berbagi bantuan untuk kaum dhuafa,” data Dahlan Usman kepada Pelakita.ID, Kamis, 28/4/2022.

Dahlan menyebut suasana pendistribusian bantuan yang merupakan donasi dan pengumpulan dari alumni Unhas yang berdomisili di Gorontalo dan sekitarnya itu terasa khidmat dan istimewa sebab dilaksanakan dalam suasana Malam Tumbilatohe.

Read More

“Mulai malam ini Gorontalo melaksanakan tradisi leluhur yang disebut Malam Tumbilatohe atau Malam Pasang Lampu. Setiap warga merayakan di setiap halaman rumahnya, pada momentum ini teman-teman ikut mendistribusikan bantuan,” jelasnya.

Menurutnya, tradisi ini untuk menyambut datangnya Lailatul Qadar dan berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Tumbilatohe ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada malam ke 27, 28 dan 29 Ramadan. Pada malam ke-30 semua lampu dimatikan dan masyarakat melaksanakan takbiran di seluruh penjuru kawasan,” tambahnya.

“Senang juga melihat beberapa kawan berinisiatif membagikan bantuan di tengah suasana malam Tumbilatohe ini, semoga faedah dan berkah,” ujarnya.

“Adapun jenis lampunya berbahan bakar minyak tanah. Untuk di pelosok lebih tradisional, menggunakan minyak kelapa. Di sebagian kawasan perkotaan sudah dikombinasi dengan lampu listrik,” jelasnya.

“Semoga pada Malam Tumbilatohe ini kita semua mendapat hidayah, hikmah dan inspirasi untuk berbuat kebaikan bersama IKA Unhas ke depan, salam dari Gorontalo,” pungkasnya.

 

Editor: K. Azis

 

 

Related posts