FIKP Unhas selenggarakan lokakarya penguatan riset dan pengabdian

  • Whatsapp
Para peserta lokakarya riset dan pengabdian FIKP Unhas (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan lokakarya penelitian untuk Penguatan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, hibah Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas di Ruang Sidang FIKP dan terhubung secara online melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (04/02).

Hadir sebagai narasumber yakni Asmi Citra Malina, S.Pi., M.Agr., Ph.D (Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri, Direktorat Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas), Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali (Reviewer Nasional, Dosen Pertanian Unhas) dan Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA. (Guru Besar FIKP Unhas).

Read More

Dekan FIKP Unhas Safruddin, S.Pi., MP., Ph.D., berharap agar kuantitas dan kualitas proposal penelitian dan pengabdian yang masuk pada kompetisi tahun ini lebih dari tahun sebelumnya.

Harapan yang disampaikan tersebut juga berkaitan dengan kinerja fakultas dan Unhas dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) serta rekognisi dosen dan peneliti dalam skala nasional maupun internasional.

“Sebagai bentuk dukungan penuh, FIKP Unhas siap memberikan pendampingan terhadap proses submisi proposal desentralisasi dan nasional dengan menyiapkan ruangan dalam pengerjaannya.  Semoga workshop ini terlaksana secara baik dan memberikan informasi maupun pengetahuan kepada para dosen dan peneliti,” jelas Safruddin.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK.

Dalam sambutannya, beliau menuturkan harapan kontribusi dosen dan peneliti FIKP Unhas maupun para peneliti dilingkup Unhas untuk terlibat dalam skema kompetitif nasional yang ditawarkan.

Prof Nasrum juga mengapresiasi langkah awal FIKP dalam mendukung penguatan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Materi awal disajikan oleh Asmi Citra Malina, S.Pi., M.Agr., Ph.D mengenai “Sosialisasi Skema Fasilitas Pendanaan Riset dan Peningkatan Sumber Daya Manusisa Badan Riset Inovasi Nasional”. Secara umum, beliau menggambarkan skema penelitian dan pengabdian serta fasilitas yang ditawarkan oleh BRIN dan Kemendikbudristek.

Pemaparan materi lainnya juga dijelaskan oleh Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali. Beliau memfokuskan mengenai persamaan Persepsi kompetitif nasional dan desentralisasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sebagai penutup, Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA. memberikan kiat-kiat penulisan proposal penelitian kompetitif.

Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Ir. Siti Aslamyah, MP (Wakil Dekan bidang Akademik FIKP Unhas) sebagai moderator berlangsung lancar. Para peserta banyak memberikan pertanyaan serta tanggapan mereka kepada para narasumber. (*/fikp/mir)

Related posts