Smansa Cycling Community gelar Cross Country Bike Championship

  • Whatsapp
SCC akan gelar Sulsel Countty Bike Championship (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Smansa Cycling Community (SCC) kembali akan menggelar event kejuaran sepeda gunung yang diberi nama “Sulsel Cross Country Bike Championship”.

“Rencananya dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2021 di Benteng Somba Opu Gowa dengan total hadiah sebesar 50 juta rupiah,” kata Anas Anwar Makkatutu, ketua panitia.

Sosok yang juga Ketua SCC itu menyatakan, kejuaraan sepeda gunung ini adalah yang kelima kalinya diadakan sejak berdirinya SCC pada tanggal 29 Maret 2009 lalu.

Read More

Organisasi itu didirikan oleh para alumni SMA Negeri 1 Makassar yang mempunyai hobby bersepeda dan bergabung dalam sebuah komunitas sepeda yang diberi nama Smansa Cycling Community (SCC).

“Semangat pendirian itu terus dipupuk dan meski ditangani dengan kreatif. Selain menggelar gowes bareng juga memfasilitasi lahirnya pesepeda berprestasi,” jelas Anas yang juga akademisi FEB Unhas ini.

SCC, menurut Anas ditopang oleh beberapa pilar seperti Agus Arifin Nu’mang, Majdah Zain, Hoist Bahtiar, Hery Attas, Anzhari Muin, Nini Marzuki, Achmad Habib, A. Sessu Wadeng, Abidin, Mappincara Baso hingga Doel Djabir.

“Selama 12 tahun sejak berdirinya komunitas sepeda ini secara rutin tiap minggu bersepeda baik dalam kota Makassar maupun ke luar daerah,” imbuhnya.

“Selain menyelenggarakan kegiatan cross country championship yang kelima ini, juga telah melaksanakan berbagai event sepeda lainnya, yakni Fun Bike, Fun Cross Country Bike, Tour Celebes Enduro Fun (Makassar-Bone-Makassar),” lanjutnya.

Tim panitia event menggelar gowes dan mengecek lokasi cross country (dok: istimewa)

“Tahun lalu, pada saat pandemi Covid-19 tetap melaksanakan event yang diberi nama Sulsel Smansa Zwift Road Bike Championship, lanjut Anas yang dikenal dengan panggilan Ketua Kelas pada komunitas ini,” papar Anas.

Anas bercerita, terkait pelaksanaan event dimaksud, telah digelar rapat panitia di lokasi Benteng Somba Opu, Rabu 10 November 2021.

“Kami melihat langsung lokasi yang akan digunakan, juga memutuskan walaupun animo peserta untuk berpartisipasi pada kejuaran ini sangat besar, akhirnya panitia menutup beberapa kelas karena kuota sudah terpenuhi,” jelasnya.

“Kejuaraan sepeda cross country kali ini terbagi dalam 8 kelas, yakni SMP Putera, SMA Putera, Pelajar Putri, Ladies Open, Men Open, Master A, Master B, Legend,” tambahnya.

“Sesuai data terakhir panitia, sudah mendaftar 150 pembalap yang berasal dari berbagai pengurus ISSI maupun Club, antara lain pembalap dari: Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Sinjai, Maros, Pare-pare, Pinrang, Majene, Palopo, Wonomulyo, bahkan sampai Kolaka Utara,” sebutnya.

Acara ini didukung sepenuhnya Pemprov. Sulsel, ISSI Pengda Sulsel, Ika Smansa Makassar dan beberapa sponsor lainnya.

“Sebelum pelaksanakan lomba, akan diadakan technical meeting pada tanggal 1 Desember 2021 bertempat di Sekretariat Panitia, White Stone Café, Jl. G. Batuputih Makassar,” pungkas alumni Smansa Makassar angkatan 82 ini.

 

Editor: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *