Jadikan tanaman beracun obat sariawan, mahasiswa UNHAS raih medali pada PIMNAS 2020

  • Whatsapp
Husna Quila Qariska, Mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas / [Foto: Humas Unhas]

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pemanfaatan tanaman beracun Jatropha Gossypifolia. L sebagai solusi menghilangkan sariawan alami mengantarkan delegasi tim dari Universitas Hasanuddin memperoleh medali Perunggu dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dengan Universitas Gadja Mada sebagai tuann rumah ini berlangsung pada 24-29 November secara daring.

Read More

Inovasi yang dihasilkan oleh Tim ini diberi nama J-GAS, dari nama tanaman yang digunakan.

Melalui wawancara pada Kamis (10/12) bersama Husna Quila Qariska selaku ketua tim, menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam kompetisi tersebut dasarnya bertujuan pada pengembangan kreativitas sekaligus bentuk kontribusi dalam peningkatan inovasi yang sesuai dengan penguasaan sains dan teknologi.

Terkait ide, Husna menyampaikan inovasi ini merupakan obat sariawan herbal yang terbuat dari getah tanaman beracun (Jatropha gossypifolia. L).

Inovasi ini dapat memberikan solusi kekinian menghilangkan sariawan yang tidak perih ketika digunakan, sekaligus bermanfaat sebagai obat sakit gigi.

“Tentu kami berharap J-GAS sebagai produk obat sariawan herbal bukan hanya sampai rencana produk yang diperlombakan. Namun, dapat diproduksi dan mendapatkan izin BPOM, HAKI serta Halal yang dapat dikenal oleh masyarakat luas sebagai produk lokal dengan banyak manfaat,” jelas Husna.

Jarak merah (Jatropha Gossypifolia. L) diolah jadi obat sariawan.

Dalam persiapan lomba, Husna menyebutkan tantangan dan hambatan tentu ada.

Selain pelaksanaan yang menggunakan metode berbeda dari sebelumnya, terdapat pula beberapa hambatan teknis yang akhirnya dapat teratasi berkat komunikasi dan kerjasama yang baik dengan tim, dosen pembimbing dan pihak lain yang terlibat.

Pada akhir sesi, Husna berharap kedepan semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengikuti kompetisi PIMNAS tersebut sebagai bentuk dari keterlibatan aktif mahasiswa dalam mendorong dan mendukung peningkatan kualitas Unhas lebih baik masa mendatang.

Nama-Nama Tim Terlibat, sebagai dosen pendamping Pipi Diansari S.E., M.Si., Ph. Ketua Husna Quila Qariska (Fakultas Pertanian), Anggota 1. Muh.Arwinsyah : Fakultas Pertanian, 2. Farhan Zulfadly : Fakultas Farmasi dan 3. Rahbiani : Fakultas Pertanian.(*/mir)

Related posts