Lebih dekat sosok Brigjen (Purn) Zainal Arifin Paliwang

  • Whatsapp
Brigjjen (Purn) Zainal Arifin Paliwang (dok: Tempo)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dari sekian pelaksanaan Pilkada Serentak di Kalimantan, kompetisi di Kalimantan Utara yang menyita perhatian publik.

Pada pelaksanaan Pilkada tersebut ada nama Udin Hianggio, wakil gubernur Kaltara petahana. Kemudian ada pula Irianto Lambrie-Irwan Sabri. Irianto Lambrie adalah gubernur Kaltara petahana.

Yang menarik adalah formasi Zainal Arifin Paliwang  dan Yansen Tipa Padan. Pasangan terakhir ini disebut melampaui peroleh kedua pasangan sebelumnya.

Siapa Zainal Arifin Paliwang? Benarkah dia berdarah Bugis-Makassar sesuai nama Paliwang?

Yang terang, Zainal adalah mantan Wakapolda Kalimantan Utara pada periode 2018–2020 sementara Yansen Tipa Padan adalah Bupati Malinau periode 2010–2021. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra dan PPP.

Brigjen Pol (purn) Drs Zainal Arifin Paliwang SH merupakan kelahiran tahun 1962, dia adalah perwira tinggi Polri yang sejak 3 Februari 2020 menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri.

Paliwang, lulusan Akpol 1986 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Direktorat Polisi Air Baharkam Polri (Ditpolair) Polda Riau.

 

Related posts