Sambut Hari Menanam Pohon Indonesia, SOSBOFI Smansa Makassar akan tanam mangrove di Lantebung

  • Whatsapp
Keluarga SOSBOFI saat gathering di Batulapisi - Malino (dok: K. Azis)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ikatan Alumni Smansa Makassar 89 (SOSBOFI) akan ikut berperan  serta dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Kota Makassar, yang dilaksanakan oleh BPDASHL Jeneberang-Saddang, salah satu satuan kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melaksanakan HMPI secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 28 Desember 2020.

Read More

Lokasi HMPI di Provinsi Sulawesi Selatan tersebar di seluruh kabupaten dengan pemilihan jenis vegetasi meliputi berbagai jenis mangrove untuk wilayah pesisir pantai, vegetasi tanaman hutan dan Multipurposes Tree Species (MPTS) untuk wilayah dataran rendah dan dataran tinggi.

SOSBOFI akan ikut giat HMPI tersebut pada tanggal 29 Desember 2020, dengan lokasi penghijauan di areal Ekowisata Mangrove Lantebung.

Titik dimaksud berada di wilayah Utara Kota Makassar, tepatnya di Kampung Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea.

Kondisi mangove di pesisir Lantebung, benteng terakhir mangrove Kota Makassar (dok: K. Azis)

Penghijauan akan melibatkan masyarakat Lantebung. Hasil konfirmasi kepada Ketua Kelompok Pemerhati Mangrove Lantebung, Saraba bahwa 10 orang anggotanya akan terlibat dalam kegiatan penanaman dimaksud.

Saraba telah berjibaku memelihara ekosistem Mangrove di Lantebung dan akan menerima Kalpataru pada tanggal 21 Desember 2020.

Pertimbangan SOSBOFI dalam pemilihan lokasi di Ekowisata Mangrove Lantebung bahwa pemulihan ekosistem Mangrove akan berdampak nyata bagi pelestarian vegetasi mangrove dan perkembangbiakan satwa pantai.

“Sekaligus sebagai upaya mereduksi abrasi pantai, dan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk melestarikan vegetasi mangrove,” jelas Ketua IKA Smansa 89 Makassar, Andi Nasrun Tahir.

SOSBOFI peduli akan pelestarian ekosistem Mangrove dan mewujudkannya dengan berperan serta dalam giat HMPI di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020.

“SOSBOFI berkomitmen bahwa kegiatan ini adalah langkah awal untuk ikut berperan serta dalam kegiatan penghijauan di masa yang akan datang,” kunci Andi Nasrun atau biasa disapa Chilunk ini.

 

Editor: K. Azis

Related posts