75 tahun FAO, misinya mengakhiri kelaparan dan merawat dunia tetap relevan hingga kini

  • Whatsapp
Foto pelaksanaan WFD global (sumber: FAO.org)

DPRD Makassar

Perayaan Hari Pangan Sedunia menyerukan untuk membangun kembali dengan lebih baik, menghormati para pahlawan makanan.

PELAKITA.ID – Hari ini, 16 Oktober 2020 digelar Hari Pangan Sedunia. Ini sekaligus menandai peringatan 75 tahun Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Read More

Lahir setelah bencana – Perang Dunia II, misi FAO adalah untuk mengakhiri krisis kelaparan dan merawat dunia menjadi lebih relevan karena momok global lainnya – pandemi COVID-19, kata QU Dongyu, Direktur Jenderal FAO.

Sepanjang perjalanannya, dunia, dan dengannya FAO, beralih dari menanam lebih banyak makanan, menjadi selaras dengan aspek lingkungannya.

Selain itu, juga menyiapkan kerangka peraturan sebagai respon, mengendalikan penyakit hewan, dan, akhirnya, memandang perang melawan kelaparan sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari tujuan pembangunan lainnya.

Karenanya, tema Hari Pangan Sedunia tahun ini: Tumbuh, Pelihara, dan Lestari. Bersama.

“Saat ini kita dalam bahaya, kompleks, dan menuntut tindakan segera. Kelaparan terjadi dan seiring pandemi COVID-19 ini telah menguak kerapuhan sistem pangan kita, sejarah memanggil kita sekali lagi untuk bangkit menghadapi tantangan, “desak Qu.

Direktur Jenderal berbicara hari ini di acara virtual Hari Pangan Sedunia / Hari Pangan Sedunia ke-75 FAO di Roma, yang mempertemukan Paus Fransiskus.

Termasuk dengan Presiden Italia; Raja Lesotho dan Ratu Spanyol – Duta Goodwill Khusus FAO untuk Nutrisi; Sekretaris Jenderal PBB; dan ketua IFAD dan WFP.

Menghormati ulang tahun FAO, Paus Fransiskus menggambarkan misi organisasi itu sebagai “indah dan penting”.

Saatnya membangun kembali dengan lebih baik

Hari Pangan Sedunia diperingati tahun ini karena kelaparan global yang meningkat selama lima tahun berturut-turut dan pola makan sehat di luar jangkauan 3 miliar orang.

Hampir 700 juta orang masih kelaparan, dan pandemi tersebut dapat menyebabkan hingga 132 juta lainnya kelaparan pada akhir tahun 2020.

Hari Pangan Sedunia tahun ini bertujuan untuk menggalang dan mempercepat tindakan untuk mengakhiri kelaparan dan kekurangan gizi dalam segala bentuknya, dan menjadikan pangan dan pertanian sebagai bagian penting dari penanganan COVID-19.

Yang paling utama, seperti yang dicatat para pembicara pada acara hari ini, adalah perlunya solidaritas global dan membangun sistem pertanian pangan yang lebih tangguh dan kuat.

Kuat menahan guncangan, memberikan pola makan sehat yang terjangkau dan berkelanjutan untuk semua, serta mata pencaharian yang layak bagi semua pekerja di sepanjang rantai pasokan makanan.

“Sekarang adalah waktunya untuk memikirkan kembali pendekatan kami dan melipatgandakan upaya kita,” kata Qu.

Di antaranya, Qu menyoroti perlu terobosan ilmu pengetahuan dan teknologi, menekankan bahwa “Inovasi adalah sekutu kita dalam membayangkan kembali sistem pangan kita dan mengakhiri kelaparan, seperti yang secara moral dan politik akan kita lakukan dalam sepuluh tahun mendatang”.

Paus Fransiskus mendesak lebih banyak dukungan untuk FAO dan semua inisiatif badan pangan PBB yang mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan beragam, dan mendukung komunitas pertanian kecil dan pembangunan pedesaan di negara-negara termiskin.

“Menggunakan uang untuk membeli senjata dan menutupi pengeluaran militer untuk mengalahkan kelaparan dan pembangunan pedesaan juga akan menjadi “keputusan yang berani,” kata Paus.

“Kelaparan bukan hanya bencana bagi umat manusia tetapi juga aib … Kita tidak bisa gagal untuk menanggapi atau bertindak. Kita semua bertanggung jawab,” kata Paus.

Kata-katanya digaungkan oleh Sekretaris Jenderal PBB António Guterres yang menyerukan upaya intensif untuk mencapai visi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Masa depan di mana setiap orang di mana pun memiliki akses ke nutrisi yang mereka butuhkan,” katanya. Untuk menginspirasi tindakan menuju visi ini, kata Guterres, dia akan mengadakan Konferensi Sistem Pangan tahun depan.

Melihat bahwa negaranya bangga menjadi tuan rumah markas FAO, Presiden Italia Sergio Mattarella mengatakan dia menyambut “komitmen FAO dan Direktur Jenderal untuk bekerja dengan Italia dan banyak negara lain dalam membentuk” koalisi makanan “yang bertujuan untuk menahan efek COVID-19 pada sistem pangan “.

“Ini adalah momen “pilihan penting”, dan “komitmen global yang serius,” tutup Mattarella yang mengungkapkan harapan bagi komunitas internasional untuk menemukan kembali “makna mendalam dari barang-barang berharga yang ditawarkan bumi kepada kita” dan “tanggung jawab untuk berbagi dan lindungi mereka untuk generasi mendatang “.

Diet sehat untuk semua

Duta Goodwill FAO untuk Nutrisi, Raja Letsie III dari Lesotho dan Ratu Letizia dari Spanyol menekankan bahwa diet sehat adalah hak setiap orang.

Raja Letsie III menggarisbawahi bahwa sebagian besar orang yang tidak mampu membeli makanan sehat tinggal di Afrika dan Asia, dan menyerukan “upaya bersama untuk menurunkan harga makanan bergizi” agar lebih banyak orang dapat membelinya.

“Status gizi dari kelompok populasi yang paling rentan kemungkinan akan semakin memburuk sebagai akibat dari kesehatan yang merusak dan dampak sosial ekonomi dari COVID-19,” King Letsie III memperingatkan.

Menyoroti bahwa ratusan juta orang kelaparan sementara lebih banyak lagi menderita obesitas, Ratu Letizi menyatakan bahwa ketidakseimbangan ini seharusnya membuat kita berpikir tentang bagaimana memperkuat sistem pangan, mencari jalur pemasaran yang lebih pendek untuk mendorong produksi lokal, musiman, berkelanjutan, dan berskala kecil.

“Sebuah strategi yang juga akan membuat hidup lebih mudah bagi banyak wanita di wilayah dunia di mana kerentanan mereka sangat ekstrim.,” katanya.

Presiden Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (IFAD) Gilbert F. Houngbo menyatakan bahwa pihaknya tahu ketika krisis melanda, yang paling menderita adalah yang miskin dan yang rentan. “Kami tidak bisa tidak menyadari kenyataan ini dan memusatkan perhatian kami pada orang-orang yang paling terpinggirkan ini, terutama di pedesaan. Pada saat seperti ini , orang-orang pedesaan ini lebih membutuhkan dukungan kami. Tapi kami juga membutuhkan mereka,” katanya.

“Jika kami menginginkan masyarakat yang kuat, sehat, dan damai, pertama-tama kami perlu menghasilkan makanan bergizi yang cukup untuk semua orang, ” ucapnya.

Mengakhiri perang dan mencegah iklim ekstrem

Program Pangan Dunia (WFP) minggu lalu dianugerahi Penghargaan Nobel untuk Perdamaian 2020, yang dipuji banyak pembicara sebagai pengakuan kelaparan sebagai ancaman bagi perdamaian dan kebutuhan masyarakat internasional untuk mengalihkan perhatiannya untuk mengatasi kerawanan pangan.

David Beasley, Direktur Eksekutif WFP mengatakan bahwa tahun 2021 terlihat sangat suram. “Tapi saya percaya jika kita menjangkau jauh ke dalam hati dan kantong orang-orang di seluruh dunia kita dapat melakukan keajaiban lain,” katanya.

“Tapi selama kita memiliki konflik buatan manusia, kita tidak akan pernah mengakhiri kelaparan,” kata Beasley.

“Sangat penting bagi kita untuk mengakhiri perang, sangat penting bagi kita untuk menanggapi iklim ekstrim … Jika kita memperkuat pemerintah yang rapuh di luar sana, melakukan hal-hal yang kita tahu bahwa kita memiliki keahlian untuk melakukannya, saya yakin kita akan berhasil. merayakan Hari Pangan Sedunia dengan cara yang belum pernah kami lakukan sebelumnya karena kelaparan akan segera berakhir. ”

Acara Hari Pangan Sedunia di seluruh dunia

Sebelumnya hari ini, Direktur Jenderal FAO berpartisipasi dalam acara Hari Pangan Sedunia daring di Brussel yang diselenggarakan oleh Aliansi Parlemen Eropa melawan Kelaparan dan Malnutrisi, yang terus berupaya untuk menempatkan pangan dan gizi sebagai prioritas utama dalam agenda politik, ia memuji.

Bersama Qu ada Wakil Presiden Parlemen Eropa, Heidi Hautala, dan Komisi Eropa untuk Pertanian, Janusz Wojciechowski.

Hautala menyerukan solusi global dan sistematis, inovasi dan kesetaraan sebagai bagian dari upaya untuk membangun kembali dengan lebih baik dan mengakhiri kelaparan. Wojciechowski berbicara tentang Kesepakatan Hijau UE dan mencatat kerja tanggapan COVID-19 Komisi dengan FAO tentang keamanan pangan dan pembangunan pedesaan.

Mencapai Zero Hunger sangat mungkin

Rasa komitmen yang diperbarui dan seruan untuk bertindak hari ini menjadi lebih penting karena studi bersama FAO dan mitranya mengungkapkan minggu ini bahwa kita dapat mengakhiri kelaparan pada tahun 2030 jika donor melipatgandakan investasi mereka dan membelanjakan uang dengan bijak.

“Bencana kelaparan telah menyiksa umat manusia selama ribuan tahun. Tapi kita adalah generasi yang bisa mengakhirinya, untuk selamanya,” kata Direktur Jenderal FAO.

Menghormati pahlawan makanan

Hari Pangan Sedunia tahun ini juga menghormati semua pahlawan makanan, yang – terlepas dari semua kesulitan – terus menyediakan makanan untuk komunitas mereka dan sekitarnya.

Hari ini, FAO dan mitranya mendesak semua orang untuk menunjukkan rasa terima kasih atas makanan yang kita makan dan orang-orang yang memproduksi, menanam, memanen, menangkap ikan, atau mengangkutnya.

Acara berlangsung pada lebih dari 150 negara, termasuk di Colosseum Roma yang berfungsi sebagai latar belakang yang menakjubkan untuk pertunjukan video mapping FAO malam ini, menandai Hari Pangan Sedunia dan merayakan pahlawan makanan dunia dan ulang tahun FAO.

Sumber: Laman FAO.org

Related posts