Merah Putih berkibar dari dasar Laut Natuna hingga Pulau Matan Papua Barat

  • Whatsapp
Bendera Merah Putih berkibar di Laut Natuna (dok: istimewa)

DPRD Makassar

Hari ini, Minggu, 16 Agustus 2020, sehari sebelum puncak perayaan HUT NKRI ke-75, di beberapa kolong ruang laut Nusantara, berlangsung pengibaran Sang Saka Merah Putih. Di bawah kibaran bendera, dari dalam laut, anak-anak negeri berikrar menjaga NKRI dan membangun bangsa dari potensi sumber daya pesisir dan laut.

PELAKITA.ID – Bendera Merah Putih berkibar di wilayah pedalaman, teluk, pesisir hingga pulau-pulau terluar Nusantara. Dari puncak gunung hingga kedalaman samudera. Dari ujung timur hingga barat, dari batas NKRI Pulau Natuna hingga Pulau Matan di Papua Barat, demikian pula di lautan Maluku Utara.

Papua Barat, negeri yang diberkahi aneka keindahan panorama pegunungan hingga konfigurasi pulau nan elok, dilimpahi aneka ragam biota bawah laut adalah salah satu yang menggaungkan pekik dirgayahu kemerdekaan NKRI dari dasar lautan.

Bendera merah putih berkibar di Laut Falajawa Ternate, Gunung Gamalam dan Kie Matubu jadi saksi semangat anak negeri. (dok: M T Fabanyo)

Di perairan Pulau Matan, tiga orang penyelam perempuan dari Sorong Diving Team (SDT) mengerek bendera dari dasar laut. Sebanyak 75 penyelam menjadi penyaksi semarak HUT Kemerdekaan RI. Mereka menggelar pengibaran bendera merah putih dari kedalaman 12 meter.

Mereka juga menggelar aksi bersih pantai. Acara ini dimotori oleh Sorong Diving Team dan didukung Pertamina Refinery Unit VII Kasim, Kurabesi Explorer, PT PLN (Persero) UPPPB dan UP3 Sorong, Bank Sampah Sorong Raya dan Bakarya Production.

Di perairan Pulau Matan, selepas mengibarkan bendera di bawah laut, Ketua Panitia, Hengly Tamalonggehe, menyempatkan berfoto dengan menunjukan ucapan selamat kemerdekaan RI (dok: istimewa)

Di Arborek, Raja Ampat, dikabarkan juga bahwa sekelompok penyelam juga melakukan hal serupa. Ini merupakan komitmen masyarakat Arborek untuk menggugah kepedulian anak negeri betapa laut NKRI merupakan aset yang harus dijaga dan dikembangkan. Aksi bersih pantai juga berlangsung di sini.

Persiapan pengibaran bendera di Pulau Natuna (dok: istimewa)

Di kota tua, kota bersejarah Kota Ternate, Maluku Utara, bertempat di Pantai Falajawa, beberap penyelam top Kota Ternate beraksi. Mereka khidmat mengerak dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di laut beranda kota, Gunung Gamalama dan Gunung Kie Matubu jadi saksi anak negeri mengibarkan panji-panji kemerdekaan dari dasar laut.

Aks iperempuan penyelam, Truly Torodji, pengerek bendera saat membentangkan Merah Putih di bawah laut, (dok: : Sorong Diving Team)

Di beranda batas negeri, Pulau Natuna, beberapa aktivis lingkungan, kaum muda dan penggerak wisata bahari Kota Ranai bersatu padu di perairan Selat Lampah. Mereka juga menggelar upacara bendera. Acara ini diinisiasi oleh beberapa instansi Pemerintah Natuna dan bekerjasama dengan organisasi keamanan dan ketertiban termasuk Komunitas Jelajah Bahari Natuna.

Pembaca sekalian, nantikan laporan kontributor Pelakita.ID dari lokasi-lokasi tersebut di atas. Merdeka!

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts