Bantuan Pemkot Makassar dan IKA Unhas Sulsel Tiba di Lokasi Bencana

  • Whatsapp
Bantuan yang telah dibawa ke Posko BPBD Sidrap (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pemerintah Kota Makassar dan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Wilayah Sulawesi Selatan menggelar Aksi Peduli untuk Bencana Longsor dan Banjir Sulawesi Selatan.

Secara marathon, Pengurus IKA Unhas Sulsel melalui ketua harian, Harun Ar Rasyid menggelar pertemuan pada Minggu pagi, 5/5/2024 di Hometown Kopizone untuk membahas proses dan persiapan Aksi Peduli dimaksud.

Pertemuan gegas itu ditindaklanjuti dengan membentuk tim lalu dikoordinasikan dengan Ketua IKA Unhas Sulsel Moch Ramdhan Pomanto yang juga wali kota Makassar di Jalan Amirullah.

“Kita harus persiapkan baik-baik, saat ini Pemkot sudah gerakkan Damkar dan BPBD Kota Makassar ke Enrekang dan sekitarnya, Pemkot dan IKA Unhas Sulsel bisa bergerak ke sejumlah titik di  Sidrap, Wajo dan Luwu,” kata Danny.

“Pastikan kontak pengurus IKA Daerah,” tambahnya.

Sejumlah ketua dikontak seperti Ketua IKA Luwu Utara, Luwu, Palopo, Wajo dan Sidrap, termasuk Enrekang, melalui kontak Whatsapp dan panggilan langsung.

Hingga dinihari, sejumlah bantuan terkumpul mulai dari kebutuhan seperti lilin karena listrik padam, pembalut, air mineral, mie instan, gula, biskuit, sarung, mukenah.

Unit kerja seperti Damkar, BPBD hingga PDAM Makassar menyiapkan sumber daya sesuai kemampuan dan pengalamannya.

“Tim sudah bergerak ke Enrekang, melakukan evakuasi dan bantuan distribusi bahan makanan dan air minum,” kata Kalak BPBD Kota Makassar. Hendra Hakamuddin.

Sementara Direktur PDAM Makassar, Beni Iskandar melaporkan telah mengirim 9 mobil tangki PDAM untuk memastikan pasokan air bersih bagi sejumlah titik.

“Di Sidrap kami tempatkan satu unit mobil tangki isi air bersih, juga ke Wajo danLuwu,” ucap Beni kepada Pelakita.ID.

Bantuan Pemkot dan IKA Unhas Sulsel bergerak menuju Sidrap., Wajo dan Luwu. Bantuan dipasok ke Kantor BPBD Sidrap, lalu ke Siwa dan terakhir di Posko Induk Belopa.

Pj Bupati Luwu Muhammad Saleh yang menerima bantuan menyampaikan terima kasih.

“Atas nama warga Luwu kami menyampaikan terima kasih ke Pemkot Makassar dan alumi yang ada di IKA Unhas Sulawesi Selatan,” katanya.

Dia juga menyampaikan saat ini atensi semua pihak adalah membuka akses atau jalur ke sejumlah titik yang masih terhalang lumpur, juga jembatan yang hancur.

“Pertama membuka akses, membawa korban dari lokasi bencana dengan helikopter hingga pemberangkatan tenag medis ke lokasi bencana,” ucap Saleh.

Saat berita ini dibuat, bantuan dari Pemkot Makassar, PKK Kota Makassar sedang diangkut ke atas helikopter di Posko Induk Belopa, Luwu.

Sejumlah alumni dan pengurus IKA Unhas Sulsel ikut dalam rombongan seperti Kamaruddin Azis, dr Udin Malik, hingga Wahyuddin.

Rombongan disambut bendara IKA Unhas Wajo sementara di Belopa disambut ketua IKA Unhas Luwu, Ikhsan Saad.

 

Redaksi

 

 

 

 

Related posts