Uniba Kerjasama Tri Dharma dan Kenalkan IKN ke Delegasi OICCA

  • Whatsapp
Tim OICCA dan Unibas rintis kerjasama Tri Dharma dan bahas IKN (dok: Uniba)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kampus Universitas Balikpapan (Uniba) melaksanakan Penandatanganan MoU atau kerjasama dengan 4 Organisasi Negara Islam Dunia yang tergabung dalam Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OICCA) di Gedung Aji Putri Karang Melenu Kampus Uniba, Rabu (12/7/2023).

Kerjasama tersebut berkenaan dengan kerja sama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian ke masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur (Yapenti-DWK), Rendi Ismial, Rektor Uniba Isradi Zainal, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

Sementara itu, untuk delegasi yang hadir, yakni IUIU Vice Rector of Finance and Administration Prof.Kaziba Abdul Mpaata, Vice Chancellor Islamic University Technology Prof.Dr. Mohammad Rafiqul Islam, Assistant Professor Abdul Hamid Abu Sulayman Kulliyyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, International Islamic University Malaysia Dr. Mohammad Mohiuddin, dan Director General at Islamic Center for Development of Trade Mrs. Latifa El Bouabdellaoui.

Rektor Uniba, Isradi Zainal mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan Internasional dan Uniba dipercaya Menpora untuk menjadi host dan tuan rumah dalam kegiatan tersebut untuk mewakili negara.

“Jadi kami Uniba menempatkan diri untuk selalu terlibat dalam kegiatan yang bersifat baik untuk negara. Kebetulan kami dapat kepercayaan menjadi Host di ajang OICCA dan telah kita jalankan secara baik dan amanah,” ungkapnya.

Isradi menuturkan, terdapat beberapa agenda yang menarik dalam kegiatan yang membahas dunia negara Islam di OICCA.

Yang pertama kata dia, adanya kerja sama dalam bidang Tri Dharma dan kerja sama tersebut akan lebih meningkatkan silaturahmi antar negara.

Kemudian ucap Isradi, pihaknya juga membahas terkait teknologi dan ekonomi kreatif serta pembangunan integritas, seperti akhlak agar menjadi modal para generasi muda ke depannya.

 Tak hanya itu, dalam pidatonya, Isradi juga membahas soal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara didepan para delegasi guna mengenalkan program besar pemerintah dalam hal pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kita juga mengenalkan mereka dengan IKN, karena mereka harus tahu bahwa IKN itu untuk keadilan dan kebaikan Indonesia dan dunia,” tegasnya

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengapresiasi Uniba yang telah menunjukkan kiprahnya untuk memperbaiki sistem pendidikan.

Upaya Perbaikan Pendidikan tersebut kata Hetifah, bisa lebih mendorong adanya kreatifitas, sehingga generasi muda bisa siap menghadapi era digitalisasi dan mendapat nilai tambah dari kegiatan ekonomi kreatif.

“Jadi teknologi dan penguasaannya jadi sangat penting,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penelitian, Pengembangan dan  Kerjasama Uniba Merry Krisdawati Sipahutar berharap, kerja sama dibidang Tri Dharma ini bukanlah akhir dari pertemuan, melainkan merupakan tahap awal dari kerja sama tandatangan MoU dengan 4 organisasi Islam tersebut.

“Jadi kami berharap MoU bukan saja tandatangan di atas kertas, tapi juga bisa ditindaklanjuti setelah momentum pertemuan ini,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Uniba

 

Related posts