DLH Kota Makassar dan Pihak Kepolisian Gelar Uji Emisi

  • Whatsapp
Tim DLH Kota Makassar bersama pihak Kepolisian Kota Makassar menggelar uji emisi kendaraan (dok: DLH Kota Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar membuktikan komitmennya untuk ikut menciptakan kondisi udara bersih di Kota Makassar dengan menggelar uji emisi.

“Hari ini kita gelar uji emisi untuk memeriksa kualitas buangan kendaraan,” ucap Kadis DLH Kota Makassar, Ferdi Mochtar, (Senin, 11/7).

Ferdi hadir pada pemeriksaan tersebut didampingi tim Kementerian Lingkungan hidup Herru Kristanto, Heru Sugiarto, Indah Suci Ramadani serta perwakilan aparat penegak hukum,  Iptu Tandiapun Pasiangan.

“Lokasinya di Kima Square. Ini komitmen kita untuk memeriksa kecenderungan penggunaan kendaraan dan implikasinya ke kualitas udara kita,” jelas Ferdi.

Ferdi menyebut uji emisi merupakan pengujian pada kendaraan bermotor yang bertujuan untuk meminimalisasi gas rumah kaca dan udara berbahaya yang dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor.

“Kita perlu diketahui, gas buangan ini sangat berpengaruh pada kualitas udara di suatu wilayah,” jelas Ferdi.

Menurut Ferdi, pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor dilakukan dengan memasangkan alat pendeteksi gas pada knalpot.

“Kendaraan yang diuji harus dalam posisi hidup, tanpa menyalakan alat elektronik dalam kendaraan seperti radio, pendingin udara, atau lampu,” pungkasnya.

Related posts