2.045 mahasiswa Unhas lolos seleksi proposal ide bisnis program wirausaha mahasiswa 2023

  • Whatsapp
Mereka yang lolos untuk seleksi proposal

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Sebanyak 409 tim yang terdiri dari 2.045 mahasiswa Universitas Hasanuddin lolos seleksi proposal Program Wirausaha Mahasiswa tahun 2023.

Hal tersebut tertuang dalam keputusan Rektor Unhas tanggal 1 April 2023 tentang penetapan tim Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) lolos seleksi proposal tahapan ide bisnis Unhas 2023.

Sebelumnya, Unhas melalui Pokja Prestasi dan Kewirausahaan membuka pendaftaran dan penerimaan proposal ide bisnis PMW pada 26 Februari hingga 17 Maret 2023. Terdapat 490 tim yang memasukkan proposal yang terdiri dari masing-masing 5 anggota dari berbagai fakultas di Unhas.

Read More

“Dari 490 proposal yang masuk, lolos seleksi 409 proposal ide bisnis atau 2.045 mahasiswa,” ujar Ketua Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, Dr. Suhasman, S.Hut., M.Si.

Untuk mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi, kemudian akan mengikuti kegiatan pendampingan bernama Unhas Entrepreneur Camp (UEC) yang dijadwalkan pada 1-7 April 2023.

“Di UEC akan dikembangkan mindset seorang wirausaha, ada inspiring lecture dari alumni kita yang sudah sukses berwirausaha. Intinya akan diajarkan bagaimana mindset berwirausaha,” tambah Dr. Suhasman.

Tak hanya itu, peserta yang lolos akan diberikan pendampingan dalam menyusun proposal wirausaha, yang merupakan pengembangan dari proposal ide bisnis.

Selanjutnya, dari proposal wirausaha tersebut akan tersaring 100-150 tim yang nantinya akan diberikan pembiayaan wirausaha oleh Unhas.

“Nantinya tim yang lolos akan diberikan dana sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, tergantung dana yang tersedia,” lanjutnya.

Tak sampai di situ, mahasiswa yang lolos pendanaan juga diberi kesempatan memamerkan produk wirausahanya dalam kegiatan Expo Wirausaha Mandiri.

“Selanjutnya akan masuk ke fase inkubasi di Science Techno Park. Di sana akan difasilitasi perizinan dan segala macam. Juga dibantu matching fund untuk mendapatkan investor,” lanjut Dr Suhasman.

Lebih jauh, Dr Suhasman memaparkan latar belakang program PMW ini. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi generasi stroberi yang akan menghadapi situasi persaingan kerja di masa yang akan datang.

“Tantangannya adalah skill dan kompetensi, mahasiswa harus punya visi ke depan, salah satu pilihan yang ada adalah berwirausaha. Sehingga PMW bisa menjembatani hal tersebut,” pungkasnya.(*)

Related posts