KKSS Mappi Papua Selatan gelar Musda 1, Ketua DPRD Sulsel ucapkan selamat dan harapan

  • Whatsapp
Andi Ina Kartika Sati, ketua DPRD Sulawesi Selatan (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kabupaten Mappi, Papua Selatan  menggelar Musyawarah Daerah pada tanggal12 Desember 2022 atau hari ini.

Informasi itu disampaikan oleh ketua panitia Musda 1 KKSS Kabupaten Mappi, Ansar.

“Saya Andi Ina Kartika Sari, ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan Musyawarah Daerah 1 Kerukuran Keluarga Sulawesi Selatan Kabupaten Mappi Provinsi Papua Selatan 12 Desember 2022,” ucap Andi Ina, Senin, 12/12/2022.

Read More

Menurut Ina, KKSS adalah organisasi yang sangat penting dan strategis.

“Tidak hanya sebagai wadah silaturahmi antara warga Sulawesi Selatan di perantauan tetapi juga wahana untuk bersama dengan pemerintah dan masyarakat setempat bersama membangun daerah,” ucapnya.

Dia berharap, keberadaan KKSS Kabupatej Mappi ke depan tentu memegang peranan penting untuk ikut membangun Kabupaten Mappi dan Papua Selatan secara umum.

“Salamakki, sukseski semua. Semoga KKSS Mappi ke depan, dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan Mappi dan Papua Selatan secara umum,. Salam hormat dan sayang dari kami di Sulawesi Selatan,” tutupnya.

Kabupaten Mappi

Saat ini, bupati atau kepala daerah yang menjabat di Mappi ialah Kristosimus Yohanes Agawemu. Wakilnya Jaya Ibnu Suud. Mereka unggul pada Pemilihan umum Bupati Mappi 2017.

Kabupaten Mappi memiliki luas wilayah mencapai 28.518 km2, terletak di antara 06º.28′ – 56º4′ LS dan 139º.2′ – 11º0′ BT. Terbagi menjadi 15 Distrik, 136 kampung, dan 1 kelurahan, dengan Kepi sebagai ibu kota kabupaten.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Mappi merupakan dataran rendah yang memiliki ketinggian antara 0 – 100 m.

Di utara berbatasan Kabupaten Asmat dan di timur dengan Merauke, di selatan Boven Digoel, di barat dengan Laut Arafura dan Asmat.

Kabupaten Mappi masuk ke dalam wilayah adat Anim Ha. Penduduk kabupaten Mappi terdiri dari suku asli dan pendatang.

Pada tahun 2015, penduduk Mappi sebanyak 91.876 jiwa. Salah satu suku asli di Mappi, yakni suku Koroway-Kombay.

Komunitas Sulawesi Selatan atau perantau dari Sulawesi Selatan umumnya bekerja sebagai pedagang, pegawai negeri, TNI dan Polri hingga pekerja sektor informal.

Mereka banyak bernaung di KKSS dan selama ini telah membangun kerjasama dengan masyarakat setempat.

Wakil Bupati Mappi adalah Jaya Ibnu Suud dan merupakan ketua KKSS Kabupaten Mappi.

 

Editor: K. Azis

Related posts