‘Antek’ Hartono, pimpin IKA Spendel Makassar

  • Whatsapp
Hartono, di tengah para sahabat alumni SMP 8 Makassar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

“Beliau salami saya, dan tetap berkomitmen mendukung dan membantu IKA Spendel di bawah kepengurusan kami.”  Hartono, ketua terpilih IKA SMP 8 Makassar.

 

Read More

PELAKITA.ID – Hartono,  alumni ‘Antek’ Teknik Geologi Unhas terpilih sebagai ketua ikatan alumni setelah melalui voting pada proses pemilihan Ketua IKA SMP 8 Makassar.  Hartono unggul dengan mendulang 9 suara dari 16 pemilik suara.

“Ini ekspektasi dan tantangan dari alumni SMP 8 Makassar, sebagian besar teman-teman perwakilan alumnni itu yang memberi amanah,,” ucapnya.

Hartono mengaku, proses voting antara dia dan dr Irwin Anas bukanlah persoalan atau ancaman, bahkan bisa dilalui dengan riang gembira pada Mubes VI IKA SMPN 8 Kota Makassar di Auditorium H Bata Ilyas Kompleks Kampus STIE Amkop, Sabtu (19/11/2022).

“Tidak soal sebab dengan demikian komitmen dan tanggung jawab akan semakin kuat, ada semacam komitmen yang dimandatkan alumni langsung. Dan ini menjadi amanah untuk kita semua juga,” ujar alumni Spendel angkatan 88 ini.

Dia juga mengapresiasi proses Mubes yang dipimpin oleh Ketua Panitia Mubes VI IKA SMPN 8, dr Irwin  yang telah memfasilitasi Mubes dengan baik dan efektif.

Ada 43 angkatan yang diundang untuk berpartisipasi, mulai dari alumni tahun 1980 hingga 2022. Mubes ini bertujuan untuk membahas beberapa topik seperti AD/ART, garis besar organisasi, laporan pertanggungjawaban kepengurusan periode sebelumnya, dan terakhir pemilihan Ketua IKA.

Hartono, ketua IKA SMP 8 Makassar periode 2022-2024

Pembukaan Mubes dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin dan menyebut peran IKA dari setiap sekolah, memiliki memang strategis dalam memajukan sektor pendidikan.

Mubes VI IKA SMPN 8 dihadiri oleh 3 angkatan yang diundang untuk berpartisipasi, mulai dari alumni tahun 1980 hingga 2022.

Leadership Hartono

Saat diberi selamat oleh Pelakita.ID, Hartono mengaku mendapat banyak inspoirasi dari proses bersama alumni Unhas termasuk dengan IKA Unhas.

“Saya kira Mubes memang harus riang gembira. Berjalan terbuka dan mengikuti aspirasi alumni sebagai kita di IKA Unhas tetap terhubung dan saling menyemangati,” ucapnya.

“Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, dengan dr Irwin kami tetap berkomitmen membesarkan IKA SMP 8, inilah kesempatan yang tepat untuk mengabdi bagi sekolah, alumni, masyarakat dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

“Prinsip hidup saya, hidup itu perjuangan, yang hanya mau berjuang dan memperjuangkan sesuatu dalam hidupnya sebagai hamba terbaik yang akan mampu memaknai untuk apa dia hidup dan dihidupkan oleh sang Pencipta,” ucapnya saat ditanya apa saja yang menjadi motivasi menjadi ketua IKA SMP 8.

“Itu motivasi saya, menjadi hamba terbaik dan berbagi kebaikan, pada diri, keluarga dan organisasi seperti IKA ini,” terangnya.

Hartono  menyebut untuk menjadi pemimpin dibutuhkan kemampuan adaptasi, berprinsip kolaboratif, harus punya etika dan tetap kritis dalam menelisik atau membaca realitas.

“Selain itu, kita harus peduli atau dapat menangani krisis dengan sabar. Seorang leader harus menjadi problem solver, menggalang kekuatan dan menyuarakan agenda-agenda perubahan,,” imbuh alumi SDN Inpres Bawakaraeng ini.

Visi misi

Saat ditanya apa yang menjadi visinya sebagai ketua IKA Spendel, Hartono menyebut membangun serta mengakselerasi IKA Spendel dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh alumni dan almamater agar bergerak lebih maju dan positif dari waktu ke waktu dalam cipta dan karya.

“Misi yang saya sampaikan ke teman-teman adalah memperkuat basis database alumni dan memetakannya berdasarkan, menggalang  potensi dan kompetensi masing-masing alumni . Lalu menghadirkan sekretariat dan menata keseluruhan administrasi  organisaai IKA Spendel, mewujudkan managemen keuangan organisasi yang terbuka dan akuntabel,” tambahnya.

“Lalu mengelola organisasi IKA Spendel dengan melibatkan seluruh stake  holder dan menjadikan IKA ramah terhadap seluruh alumni. Membangun wadah pertukaran informasi antar alumni dan almamater. Keenam, mengakomodir kegiatan alumni yang berhubungan dengan citra positif Spendel,” paparnya.

“Mottonya, IKA Spendel, bertumbuh bersama, untuk semua,” imbuhnya.

Jenjang pendidikan dan profesi

Hartono menamatkan pendidikan di SMP Negeri 8 Ujung Pandang tahun 88 lalu masuk di SMA 4 Makassar.

Setelah itu masuk ke jurusan prestisiun di Fakultas Teknik Unhas yaitu Geologi tahun 1992 dan menyelesaikan gelar S1 di tahun 2000.

“Di kampus Unhas saya belajar beorganisasi di Himpunan Mahasiswa Geologi, lalu ikut berproses di Senat Mahasiswa Unhas. Membangun komunikasi dan jejaring dengan alumni tetap dilakukan dengan menjadi anggota IKA Unhas,” ujar Direktur Eksekutif Sekolah IslamTerpadu (Sit) Nurul Fikri Makassar ini.

Setelah kuliah, hari-hari Hartono disibukkan dengan mengurusi bidang pendidikan. Dia adalah juga Direktur Sekolah Alam Insan Kamil Gowa serta menjadi Ketua Yayasan Darul Fikri Makassar yang mengelola Sit Nurul Fikri Makassar.

Marwan R Hussein, salah satu pentolahn Antek Unhas adalah juga alumni Spendel (dok: istimewa)

Dia pun pengurus di Yayasan Qalbu yang Mengelola Sekolah Alam Insan Kamil Gowa serta aktif sebagai Konsultan Pengembangan Sekolah dan Pendidikan, Konsultan Tumbuh Kembang Anak Berbasis Genetik., Konsultan Professional Berbasis Genetik, Konsultan Bisnis Berbasis Genetik hingga Konsultan Parenting Berbasis Genetik.

Tak hanya di Makassar, Hartono adalah juga owner Sentra Layanan Universitas Terbuka Kabupaaten Bone dan mengelola beberapa unit usaha rumah produksi kue dan roti termasuk usaha ayam goreng, percetakan dan konveksi.

“Menyenangkan bisa berkontribusi untuk pembangunan daerah melalui bidang pendidikan. Apalagi bisa menjadi motivator atau pelindung anak-anak berkebutuhan khusus,” ujar founder klinik dan boarding anak berkebutuhan khusus di Makassar ini.

Okemi, salamakki pak ketua!

 

Editor: K. Azis

 

 

 

Related posts