Sembilan figur sarat pengalaman, siap jadi nakhoda ISKINDO pasca M Zulficar Mochtar

  • Whatsapp
Calon nakhoda ISKINDO pada Kongres III di Tanjung Pinang (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Sembilan nama kita mencuat pada Kongres III Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia yang akan digelar di Tanjung Pindang, Kepri pada 23 hingga 24 September 2021. Mereka datang dari berbagai daerah dan sarat pengalaman. Laksana nakhoda, kini mereka siap membawa perahu besar ISKINDO.

Siapa saja mereka? Ini dia.

Dr Joko Hartoyo, berpengalaman di BPPT dan merupakan pejabat eselon dua di Kemenkomarves. Joko sangat paham perjalanan Iskindo dan pada periode Kongres sebelumnya sempat diunggulkan untuk memimpin Iskindo. Saat ini sebagai direktur pengembangan infrastruktur daerah di Kemenkomarves.

Dr Hendra Yusran Siry, alumni UNRI dan punya reputasi internasional di bidang kelautan. Pernah menangani COREMAP-CTI, sangat berpengalaman pada Dikrektorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL). Saat ini Sekretaris Direktorat Jenderal PRL.

Read More

Darwis Ismail, S.T, M.M.A, adalah ketua Ikatan Sarjana Kelautan Unhas dan sudah 20 tahun lebih sebagai pengusaha berbasis kelautan, perikanan hingga pertanian. Dia sangat mengenal KKP sejak masa jabatan Rokhmin Dahuri.

Dr Dony Apdillah, adalah dosen pada FIKP Univwrsitas Maritim Raja Ali Haji UMRAH, Kepri. Dony berpengalaman sebagai peneliti dan sangat memahami tema-tema atau isu konservasi dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan.

Dr Andreas Dipi Patria, adalah pejabat senior di Kemenkomarves, alumni UNRI. Berpengalaman sebagai aktivis kelautan UNRI, inisiattor Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia, Himitekindo dengan pengalaman panjang di pemerintahan.

Dr Chris Rotinsulu, adalah alumni Unsrat Manado, berpengalaman sebagai aktivias kelautan dengan jam terbang maksimal di program-program pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan sejak akhir tahun 90-an. Dia sangat mengenal dan memahami kondisi dan isu pesisir dan laut Sulampapua.

Dr Ady Cahandra, alumni UNRI dan saat ini menjabat sebagai pejabat fungsional di DJPT Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ady berpengalaman pada tata Kelola perikanan tangkap terutama kepelabuhanan perikanan.

Dr Riza Damanik, Staf khsusu Menteri Koperasi dan UKM. Riza berpengalaman di Walhi hingga Kiara. Pengalaman Riza di ranah LSM sudah teruji. Tak hanya memahami konteks pembangunan kelautan dan perikanan nasional, Riza juga punya relasi yang kuat dengan beberapa pejabat KKP dan Kabinet Jokowi secara umum.

Kepala DPMPTSPD Prov Sulut Dr Fransiscus E. Manumpil, alumni Unsrat punya harapan besar untuk membangun kelautan dan perikanan nasional. Sebagai alumni, dia mengabdi dan berbasis di Sulawesi Utara pada level provinsi bisa dimaknai bahwa dia punya relasi dengan pemerintahan daerah terutama di Indonesia Timur.

Mereka adalah alumni terbaik dari ‘samudera perjuangan’ Kelautan Nasional. Melihat mereka maju sebagai bakal calon Ketua Umum Iskindo ini adalah kebanggaan bersama, bahwa masih banyak kader atau figur yang punya komitmen membangun negara ini dari potensi sumberdaya kelautan atau maritimnya.

Siapa p;ilihan anda?

 

Penulis: K. Azis

Related posts