UNHAS gelar vaksin untuk mahasiswa dan alumni, Prof Idrus Paturusi: Vaksinasi momentum mendukung program Pemerintah

  • Whatsapp
Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.BO., selaku Ketua Harian IKA Unhas berkesempatan meninjau secara langsung penyelenggaraan vaksinasi tahap pertama pada hari ketiga, Kamis (15/7) (Dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi untuk mahasiswa dan alumni. Vaksinasi dosis satu dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama telah berlangsung pada tanggal Selasa (13/7) hingga Kamis (15/7) hari ini, di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar.

Vaksinasi ini merupakan upaya IKA Unhas mendukung program pemerintah untuk mencapai angka 75% masyarakat Indonesia menerima vaksin. Dengan program ini, diharapkan akan terbentuk herd immunity, sebagai upaya mengatasi pandemi Covid-19.

Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.BO., selaku Ketua Harian IKA Unhas berkesempatan meninjau secara langsung penyelenggaraan vaksinasi tahap pertama pada hari ketiga, Kamis (15/7). Dalam kunjungannya, beliau mengamati proses vaksinasi, sekaligus memastikan prosedur pemberian vaksin berlangsung sesuai standar yang ditetapkan.

“Kegiatan ini merupakan bakti sosial IKA Unhas. Awalnya, pengurus IKA Unhas menggelar pertemuan untuk membahas pelaksanaan musyawarah besar. Namun dalam diskusi, berkembang gagasan untuk menyelenggarakan vaksinasi ini,” kata Prof. Idrus.

Lebih lanjut, Prof. Idrus menyampaikan apresiasi kepada jajaran pimpinan Unhas atas kerja sama yang baik dengan IKA maupun mitra lainnya dalam penyelenggaraan vaksinasi. Dirinya mengatakan, Unhas memiliki pengalaman, sehingga kegiatan vaksinasi dengan sasaran para alumni dan mahasiswa berlangsung lancar.

Melalui layanan vaksinasi, Prof. Idrus berharap para alumni maupun mahasiswa memiliki kekebalan tubuh terhadap virus.

Tidak hanya itu, dengan pemberian vaksin utamanya kepada mahasiswa akan memberikan perlindungan kepada mereka ketika nantinya ada kebijakan pemerintah dalam proses pembelajaran tatap muka.

“Sudah hampir dua tahun proses perkuliahan berlangsung online. Kita tentu sudah merindukan kuliah tatap muka. Dengan vaksin, mahasiswa diharapkan lebih imun terhadap Covid-19. Dosen Unhas pun juga sudah menerima vaksin. Sehingga ketika ada kebijakan untuk kuliah tatap muka, dosen dan mahasiswa sudah siap,” kata Prof. Idrus.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, IKA Unhas terus berkontribusi secara aktif dengan berbagai mitra, termasuk dengan Kementerian terkait untuk memenuhi kebutuhan vaksin yang akan diberikan.

Penyelenggaraan vaksinasi untuk alumni dan mahasiswa Unhas menargetkan kurang lebih 20.000 peserta. Kegiatan berlangsung di Jakarta (khusus untuk alumni dan keluarganya) dan Makassar (khusus mahasiswa dan alumni).

Setelah tahap pertama selesai, akan kembali dibuka untuk tahap kedua bagi mereka yang belum menerima vaksin. Dijadwalkan tahap kedua akan berlangsung pada 22-24 Juli mendatang. (*/mir)

Related posts