IKA Unhas Lutra Galang Bantuan Paket Beras, Marhan Ismail Datangi Lokasi Bencana

  • Whatsapp
Suasana di sempadan dan akiran sungai (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Banjir bandang yang melanda sebagian besar kawasan di Tana Luwu membuat semua pihak bahu membahu memberi pertolongan, jalin kerjasama dan pengecekan kondisi terkini di masing-masing titik rawan bencana.

Marhan Ismail, Ketua IKA Unhas Kota Palopo yang datang ke lokasi bencana memberi update tentang kondisi banjir bandang yang melanda Kabupaten Luwu.

Marhan yang datang ke lokasi bencana melaporkan sejumlah titik yang mengalami rusak parah dan perlu mendapat atensi dan bantuan.

“Beberapa daerah yg berdampak  di Luwu tapi yang nampak paling parah adalah daerah di Kecamatan Bajo Barat dan Kecamatan Lantimojong,” jelasnya kepada Pelakita.ID, Sabtu, 4/5/2024.

Sesuai dengan temuannya, beberapa jembatan putus, rumah beberapa hanyut korban masih ada yang belum didapat.

“Jalanan beberapa titik putus tidak bisa dilalui motor. Saya sampai tengah malam kemarin evakuasi anggotaku sebanyak 32 orang laki-laki dan perempuan,” ungkap Marhan.

Lokasi dimaksud adalah di sekitar Jembatan Kadundung.  “Kami jalan kaki, sekitar 10  sampai titik longsor yang masih bisa diakses kendaraan,” jelasnya.

Marhan juga membagikan video yang menurutnya menggambarkan kondisi perkampungan yang dilanda banjir bandang.

Sementara itu, ketua IKA Unhas Luwu Utara H. Arifin Junaedi menyampaikan bahwa sejak dua pekan terakhir para pengurus dan Alumni Unhas Lutra telah menggalang gerakan.

“Pengurus dan alumni menggalang bantuan, paket lima kilo beras yang sementara berlangsung,” kata Arifin.

“Saat ini telah terkumpul kurang lebih 100 paket,semoga dalam waktu singkat segera di distribusi ke lokasi yang sungguh-sungguh membutuhkan atau mendesak,” ucapnya.

“Sementara berlangsung penggalangan, ini masih terus berlangsung,” tambahnya.

Pelakita.ID mengirimkan pesan permintaan update ke sejumlah pengurus IKA Daerah seperti Sidrap, Wajo, Luwu dan Enrekang belum memberikan informasi.

Ketua IKA Unhas Sulawesi Selatan Moch Ramdhan Pomanto menyampaikan rasa duka cita untuk korban banjir bandang dan mengajak alumni Unhas di IKA Unhas Daerah untuk bahu membahu.

Saat ini, pengurus IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan menyiapkan tim untuk membawa bantuan ke Tana Luwu. Direncanakan paling lambat besok subuh rombongan bergerak ke lokasi.

 

Redaksi

Related posts