Prabowo ke Pangandaran, Susi Minta Pelabuhan

  • Whatsapp
Ptabowo Subianto saat bertemua Susi Pudjiastuti di Pangandaran (dok: Humas Prabowo Subianto)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membuat pelabuhan di Pangandaran, Jawa Barat.

Permintaan Susi itu didasarkan atas keluhan para nelayan Pangandaran yang sudah mendesak.

Namun, kata Susi, keluhan para nelayan Pangandaran yang meminta dibuatkan pelabuhan itu bakal disampaikan jika Prabowo akan kembali ke Pangandaran bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pada pertemuan nanti, Susi berjanji akan menyampaikan keluhan para nelayan. Kebutuhan yang paling mendesak di antaranya pembangunan pelabuhan di kawasan Pantai Selatan Jawa Barat, mulai dari Garut hingga Pangandaran.

“Minta dibangunin (pelabuhan) katanya pak. Engkeu (nanti) kalau Pak Presiden sama Pak Prabowo datang lagi, ya. Kita tagih, kalau tidak datang kita demo. Saya ini pemimpin demo biasanya ke Jakarta Pak (Prabowo),” ujar Susi disambut riuh para nelayan pada Senin kemarin, 17 Juli 2023.

Keberadaan pelabuhan ini dinilai Susi dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan. Karena dengan adanya pelabuhan nelayan dapat memiliki kapal tangkapan ikan yang jauh lebih besar. Saat ini nelayan hanya menggunakan kapal kecil berukuran 11-15 meter.

Tidak adanya pelabuhan juga kerap menyebabkan kecelakaan terhadap nelayan.

Kapal kecil ini tidak mampu menahan terjangan ombak Pantai Selatan Jawa Barat yang terkenal tinggi. Akibatnya nelayan kerap mengalami kecelakaan saat hendak pergi dan pulang melaut.

Menanggapi pernyataan Susi, Prabowo mengaku akan kembali memberikan bantuan 10 unit kapal lengkap kepada para nelayan.

Kapal bantuan itu akan selesai pembuatan dalam waktu dua bulan.

Prabowo telah memberikan sebanyak 20 mesin kapal kepada nelayan dan juga melepasliarkan 200 ekor tukik di Pangandaran pada Senin kemarin, 17 Juli 2023.

Prabowo mengaku setelah bertemu dengan Susi, dirinya mendapatkan pelajaran terkait kondisi nelayan.

“Nelayan harus diberdayakan lebih kuat lagi, karena mereka memperjuangkan protein bagi bangsa. Kita bekerja bersama, ok,” ucap Prabowo.

Kedatangan Prabowo ke Pangandaran disambut ratusan warga di antaranya nelayan, ibu-ibu dan pelajar.

Saat turun dari pesawat Susi Air, teriakan “Presiden” membuat wajah Prabowo berseri. Dia langsung bersemangat menghampiri kumpulan massa.

Kesan Prabowo

Prabowo Subianto mengaku mendapat gurauan bahwa dirinya takut akan ditenggelamkan Susi Pudjiastuti jika tidak mampir ke kediamannya di Pangandaran.

Di sana dia pun harus mencicipi masakan buatan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut.

“Pada kunjungan ke Pangandaran pagi hari ini saya juga diminta mampir ke kediaman Ibu Susi Pudjiastuti, untuk mencoba hidangan khas laut yang beliau masak sendiri, saya khawatir ditenggelamkan jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi masakan khasnya,” tulis Prabowo pada akun Instagramnya @prabowo dikutip dari Antara, Selasa (18/7/2023).

Prabowo juga memuji sosok pemilik maskapai Susi Air itu. Menurutnya, Susi merupakan seorang yang peduli terhadap nasib rakyat Indonesia.  “Saya melihat Ibu Susi ini juga salah satu wanita hebat yang peduli terhadap nasib rakyat Indonesia,” ucap Prabowo.

Prabowo pun menitipkan pesan tambahan untuk Susi, yakni agar Susi menghentikan kebiasaan merokok-nya.

“Saya sudah menasihati Ibu Susi untuk berhenti merokok!” demikian tulis Prabowo.

Diketahui, Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Pangandaran pada Senin.

Dia didampingi Susi menyerahkan bantuan 20 mesin perahu kepada nelayan di daerah tersebut. Prabowo pun berkomitmen menambah bantuan berupa 10 unit kapal, lengkap dengan peralatan mencari ikan, guna menunjang aktivitas para nelayan.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki kehidupan nelayan Indonesia. Sebab, Prabowo menilai nelayan memiliki peran vital dalam penyediaan asupan protein bagi masyarakat.

Sumber MSN dan Liputan6

Related posts