Semarak Reuni Akbar 40 tahun Smanca Soppeng, dari donor darah hingga peresmian gedung IKA

  • Whatsapp
Reuni 40 Tahun SMA Negeri 2 Soppeng (Smanca Cangadi)

DPRD Makassar

“Merupakan sarana pembentukan jaringan  antar alumni, memicu kontribusi dan daya kompetisi siswa dan alumni Smanca di level  internasional, nasional, provinsi dan khususnya untuk Kabupaten Soppeng sendiri.”

Kombes (Pol) Faizal, S.H, M.H, Ketua IKA Smanca Soppeng

Read More

PELAKITA.ID – Ikatan Alumni SMA Negeri Cangadi atau biasa disebut Smanca atau SMAN 2 Soppeng sukses menggelar acara reuni Akbar 40 tahun di Lapangan H Andi Mahmud Cangadi, Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, Senin (24/4/23).

Panitia Reuni Akbar 40 tahun Alumni SMA Negeri Cangadi yang diketuai Jumardi Lanta, S.T,.M.Si. berhasil menghadirkan tidak kurang 2.500 orang alumni mulai angkatan 1983 hingga 2022.

SMA Negeri Cangadi yang sekarang sudah berganti nama menjadi SMA Negeri 2 Soppeng diketahui telah melahirkan 13.372 alumni dari berbagai profesi.

Mereka tersebar di berbagai provinsi di Indonesia selain yang domisili di Kabupaten Soppeng, bahkan ada yang berdomisili di luar negeri seperti Jepang, Australia, Malaysia, Amerika, Swiss dan Arab Saudi.

Jumardi mengungkapkan, reuni ini mengusung tema “Mario Sipurennu Massedi Ati” dengan menyajikan berbagai kegiatan yang sesuai tema tersebut agar para alumni mulai angkatan paling yunior tahun 2022 sampai  angkatan paling senior tahun 1983 bisa berbaur tanpa sekat-sekat level sosial.

“Kegiatan reuni akbar tidak hanya terfokus pada hari H tanggal 24 April 2023 saja, namun  berbagai rangkaian kegiatan yang difasikitasi oleh panitia Reuni Akbar diintegrasikan dengan program  IKA Smanca Soppeng,” ucapnya.

Suasana lokasi Reuni 40 tahun Smaca Soppeng (dok: istimewa)

“Antara lain, anjangsana atau kunjungan ke guru-guru dan staf yang telah  purnabakti, kegiatan amaliah Ramadhan berupa pembagian ta’jil buka puasa ke penghuni Rutan Kls 1 Makassar dan buka puasa bersama anak yatim,” terangnya.

“Lalu pembersihan lapangan sepak bola H. Andi Mahmud Cangadi sebagai lokasi Reuni Akbar dan pekerjaan plat dekker dari arah jalan poros Makassar Sengkang ke arah lapangan yang merupakan sumbangan Drs. H. Andi Haeruddin, MM (Kadis PU Pemkab. Soppeng),” tambahnya.

Andi Haeruddin adalah alumni SMANCA 1988.

Dua hari

Kegiatan puncak Reuni Akbar berlangsung dua hari setelah perayaan lebaran Idul Fitri 1444 H yakni pada tanggal 24 April 2023 dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan.

“Mulai dari kegiatan jalan santai, pembentukan formasi 40 tahun alumni , senam massal, donor darah, perlombaan-perlombaan games antar angkatan, peresmian Gedung IKA Smanca, kemudian dilanjutkan dengan Malam halal bihalal,” ungkap Jumardi.

Kemeriahan makin lengkap dengan adanya pembagian ratusan doorprize yang disumbangkan dari berbagai donatur baik dari Alumni maupun corporate. 

Bantuan Event organizer (EO) yang sangat profesional juga sangat membantu menjadikan kegiatan reuni akbar kali ini lebih spektakuler dan berbeda dari kegiatan Reuni Akbar sebelumnya.

Sementara itu, Ketua IKA Smanca Soppeng, Kombes Pol. Faizal, S.IK., MH dalam sambutannya mengharapkan kegiatan Reuni akbar 40 tahun ini tidak hanya menjadi ajang silaturahim semata, tetapi lebih dari itu agar dijadikan ajang pembelajaran.

“Merupakan sarana pembentukan jaringanantar alumni, memicu kontribusi dan daya kompetisi siswa dan alumni Smanca di level  internasional, nasional, provinsi dan khususnya untuk Kabupaten Soppeng sendiri,” ujarnya.

Kombes Pol Faizal melanjutkan, alumni kita memang sudah banyak berkiprah dan menempati posisi strategis di berbagai lembaga pemerintah termasuk di Kabupaten Soppeng.

“berbagai provinsi, level nasional bahkan di lembaga Internasional sekelas PBB seperti Zulkarnain Usman Alumni 2003 yang saat ini bekerja pada salah satu lembaga PBB di Swiss pada World Meteorological Organization,” ucapnya.

“Namun ke depan hal itu masih harus ditingkatkan lagi, tegasnya,” tegas Faizal.

“Saya secara pribadi telah berdiskusi dengan beberapa pimpinan daerah termasuk alumni Smanca yang sukses untuk membuka peluang kerjasama, sehingga adik-adik harus memanfaatkan peluang ini”, tambah sosok yang  menjabat Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan.

Sementara itu Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, S.E. yang menyempatkan diri hadir sekaligus memberi sambutan pada malam halal bi halal.

Dia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi panitia Reuni Akbar khususnya keterlibatan langsung Ketua IKA Smansa yang telah menghadirkan konsep reuni akbar yang begitu unik, tertata dan spektakuler.

“Ini luar biasa, kualitas reuni akbar seperti ini belum pernah terjadi di Kabupaten Soppeng,” ungkap Bupati Soppeng dua periode ini.

Bupati Soppeng melanjutkan apresiasinya dengan mengakui kerja keras panitia Reuni Akbar 40 Tahun Alumni Smansa yang telah menghadirkan ustadz kondang Muhammad Nur Maulana.

Peluncuran website (dok: istimewa)

“Keunikan dan kualitas bukan hanya karena total peserta reuni yang melebihi 2.000 orang tetapi terlihat proses perencanaan yang matang hingga pelaksanaannya pun kelihatan sangat matang..,” ujarnya.

“Tidak gampang menghadirkan dai kondang nasional selevel Ustadz Muhammad Nur Maulana, apalagi di masa seperti saat ini”, imbuhnya.

Secara khusus, pria yang akrab disapa Puang Duli ini menghimbau kepada para angkatan muda untuk tidak lantas merasa minder dan rendah diri dengan para seniornya yang telah sukses sehingga menutup dan membatasi diri untuk hadir pada acara reuni akbar seperti ini.

“Malah seharusnya dapat menggunakan kesempatan ini sebesar-besarnya untuk menimbah ilmu dan pengalaman,” ucapnya.

Sebagai kepala daerah, Andi. Kaswadi juga mengharapkan makin meningkatnya kerjasama dan kontribusi alumni SMANCA bersama pemerintah daerah untuk pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kabupaten soppeng khususnya.

Bupati Soppeng juga mengajak para alumni yang hadir untuk memaknai reuni sebagaimana hakekatnya untuk mempererat silaturahmi.

“Jika pada tahun ini dapat melaksanakan reuni akbar semegah ini, maka selanjutnya tidak boleh kendor dan harus lebih baik atau setidaknya dipertahankan,” tantang Andi Kaswadi menutup sambutannya.

Pada momen ini diluncurkan pula website IKA Smanca Soppeng sebagai media komunikasi sekaligus media pembelajaran bagi Alumni untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan sebagai salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia alumni di masa yang akan datang.

Ustaz Maulana

Pada kegiatan inti malam halal bi halal yakni ceramah Hikmah Halal bi Halal oleh Ustadz Nur Maulana mengantarkan tausiyahnya dengan mengingatkan Kembali definisi dan hakekat dari Qadha dan Qadhar sebagaimana firman Allah, Segala sesuatu itu di sisi Allah adalah dengan ketentuan takdir” (Q.S. Ar-Ra’d: 8).

Ustaz Maulana pada HBH Smanca Cangadi (dok: istimewa)

Menurut Ustaz Maulana takdir secara difinisi adalah hal yang sudah ditentukkan, namun demikian Allah SWT masih membuka peluang untuk mengubahnya melalui 3 hal yakni: dengan berdoa, bersedekah  dan berbuat baik (contoh silaturrahim seperti Reuni Akbar malam ini).

Secara tersirat Ustaz Maulana mengajak peserta reuni memanfaatkan momentum reuni akbar ini untuk memperbanyak berbuat baik dan bersedekah.

“Jika tidak mampu menyumbang materi (uang), sumbangkan pikiranmu, jika tidak punya uang ataupun saran pikiran gunakan tenagamu, jika ketiganya  juga tidak punya maka gunakan darah mu (sambil melirik spanduk kegiatan donor darah di tribun), dan jika ke empat itu masih tidak sanggup juga maka setidaknya berprasangka baiklah,” ucap Ustaz Maulana.

Di sela tausiyah dan candaanya Ustadz Maulana sangat terkesan dengan kegiatan  amaliah panitia reuni akbar dan juga memuji pribadi Ketua IKA Smansa yang telah lama dikenalnya sejak menjabat dirlantas POLDA Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya yakin panitia dan alumni Smanca mendesain dan melaksanakan malam halal bi halal di lapangan terbuka ini bukanlah tanpa alasan, tetapi saya yakin salah satunya agar dapat lebih mendekatkan diri dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini  anggota Forkopimda lainnya antara lain Ketua DPRD Kabupaten Soppeng H. Syahruddin Adam, SE.MM, Kapolres Soppeng AKBP. Dr (C) Muh.Yusuf, SH.S.I.K. M.T, Komandan Kodim 1423 Soppeng.

Hadir pula Prof. Drs. Burhanuddin Arafah, M.Hum, Ph.D selaku ketua IKA SMAN Cangadi periode 1987-1990,

Kajari Sorong sebagai salah satu Alumni 1997, Tripika Kec. Liliriaja (plt Camat Liliriaja yang juga Alumni 1997, Kapolsek, Danramil), Lurah Se Kec. Liliriaja.

Hadir pula tokoh masyarakat dan guru-guru/staf baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti dan ribuan alumni angkatan 1983 – 2022.

Di sela-sela acara malam Halal bi halal ditampilkan video testimoni Guburnur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST., Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Hj. Andi Ina Kartika Sari, SH., MH., Kapolda Sulawesi Selatan dan Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE.

Mereka memberi ucapan selamat hari Raya Idul Fitri 1444 H sekaligus ucapan selamat dan sukses atas terselenggarannya Reuni Akbar 40 tahun Alumni SMAN Cangadi/ SMAN 2 Soppeng.

 

Editor: K. Azis

Related posts