FSKN sukses bersidang, YM Brigjen Pol Dr A. A Mapparessa Karaeng Turikale IIX Maros terpilih ketua umum 2021-2026

  • Whatsapp
YM Prof Aminuddin Salle Karaeng Patoto bersama peserta sidang luar biasa KSKN (ujung kanan)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – “Alhamdulillah Sabtu hingga Ahad atau tanggal 2 sampai 3 Oktober 2021 selaku Ketua Dewan Pakar telah bertugas memimpin sidang MLB Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara (FSKN),” sebut Prof Dr H. Aminuddin Salle Karaeng Patoto, 3/10/2021.

Karaeng Patoto bertugas bersama YM Datu Luwu, YM Sultan Sumbawa, YM Sultan Ternate, YM Tengku Rio Sultan Deli Serdang, YM Jazuli, secara luring dan daring.

“Kami berhasil menetapkan penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga AD-ART, tambahan anggota Dewan Keraton dan lain-lain,” tambahnya.

“Selain itu memilih secara aklamasi YM Brigjen Pol Dr A. A Mapparessa Karaeng Turikale IIX Maros selaku Ketua Umum FSKN 2021-2026,” sebut Karaeng Patoto.

Menurut Karaeng Patoto, Karaeng Turikale IIX Maros bersama permaisuri pernah menemani Ketua Umum FSKN yang lalu YM Sultan Sepuh Cirebon XIV (almarhum) dalam peresmian Kampung Adat dan Budaya BBrG.

Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantra (FSKN) menggelar Musyawarah Luar Biasa (MLB) di Balroom Hotel Ambhara Jakarta.

Tujuannya adalah dalam rangka restruksturisasi organisasi paska mangkatnya Ketua Umum DPP FSKN Gusti Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat SE – Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon pada tanggal 22 Juli 2020 yang lalu.

(sumber: https://mitrasulawesi.id/)

FSKN merupakan salah satu organisasi wadah silaturahmi keraton Nusantara yang tertua di Indonesia terus berkomitmen untuk melakukan penguatan hubungan silaturahmi antar keraton dan lembaga adat di Indonesia, demi kelestarian adat, budaya, sejarah serta nilai-nilai luhur keraton bagi generasi sekarang dan yang akan datang, menuju Indonesia yang mulia.

Pelaksana Tugas Ketua Umum DPP FSKN Raden Rasich Hanif Radinal yang juga merupakan Raja Kerajaan Galuh Ciamis, berharap kegiatan tersebut bisa menjadi langkah awal dalam membangun kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Musyawarah Luar Biasa FSKN ini sangat penting untuk dilaksanakan agar FSKN berjalan dengan baik dalam rangka turut serta memberikan kontribusi terhadap negara dan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan siap menjadi mitra pemerintah dalam bidang pemajuan kebudayaan, jati diri kebangsaan, nilai luhur nusantara dan sejarah,” harapnya.

Senada hal di atas juga dijelaskan, Teuku Rafly Pasya, MSc. dari Kerajaan Bambi Uno Aceh Darussalam.

Proses restrukturisasi meliputi penyesuaian dan penyempurnaan terkait Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Peraturan Organisasi FSKN selaras dengan diterbitkan dan disahkannya Surat Keputusan Menkumham RI No. AHU-0001388.AH.01..08. Tahun 2020 tentang Persetujuan Perubahan Badan Hukum Perkumpulan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) pada tanggal 31 Desember 2020,” jelasnya.

Peserta yang terdiri dari para Raja, Sultan, Pemangku Adat, Ketua Adat Se-Nusantara yang merupakan anggota aktif FSKN yang dapat hadir secara fisik ataupun melalui webinar mengikuti Sidang MLB FSKN tahun 2021 yang beranggotakan YM Sultan Sumbawa, YM Datu Luwu, YM Prof. Dr. Aminuddin Salle, YM Sultan Ternate, dan YM Tengku Ryo Rizqan.

Dari Musyawarah Luar Biasa tersebut YM Brigjen Pol (P) Dr. H. A.A Mapparessa Karaeng Turikale Maros Terpilih secara Aklamasi sebagai Ketua Umum FSKN Periode 2021-2026.

Related posts