Rektor UGM: ISKINDO mengawal perwujudan Indonesia sebagai negara kemaritiman yang kuat

  • Whatsapp
Prof Panut Mulyono (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Rektor UGM yang juga merupakan Ketua Forum Rektor Indonesia periode 2021-2022 memberikan ucapan selamat kepada Keluarga Besar Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) yang akan menggelar Kongres ketiga di Tanjung Pindang, Kepri, 23 hingga 24 September 2021.

Kongres ini akan diisi oleh sambutan Presiden Joko Widodo, Menteri Kemenkomarves, Menteri KKP, Menteri Koperasi dan UKM hingga Ketua KSP.

Dia juga memberikan ucapan selamat untuk ulang tahun Iskindo yang keenam.

“Selamat selamat ulang tahun keenam, kepada Iskindo, semoga Iskindo bisa mengawal pengelolaan laut Indonesia sehingga menjadi sumber kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya melalui video yang dikirim ke panitia Kongres, (22/9/2021)

“Kita semua paham bahwa wilayah dan yurisdiksi Indonesia dan didominasi oleh laut, maka dari itu, benar, apa yang disampaikan pak Presiden Joko Widodo bahwa kita tidak boleh memunggungi laut, laut harus menjadi halaman depan kita. Maka, maka keberadaan Iskindo sangat relevan utnuk mengawal perjuangan ini,” sebutnya.

Menurut Prof Panut, laut Indonesia yang sangat luas ini tidak datang dengan cuma-cuma.

“Ada proses diplomasi yang sangat panjang. Mulai dari klaim Indonesia di antara pulau-pulau Indonesia hingga di meja perundingan dan mendapat pengakuan dunia,” katanya.

“Kini, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan segala macam potensi dan kompleksitasnya. Keberadaan Iskindo menjadi penting untuk perwujudkan negara kepulauan dan kemaritiman yang kuat,” tutupnya.

Selain Prof Panut, beberapa tokoh kelautan nasional juga ikut memberi ucapan selamat seperti di video berikut ini.

 

 

Editor: K. Azis

Related posts