Fakultas Hukum Unhas teken MoU dengan UCB Berkeley Law School Amerika Serikat

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) menapak peta jalannya menuju fakultas bertaraf internasional. FH Unhas merealisasikan salah satu misi Unhas sebagai World Class University dengan mengikat kerjasama University Of California, Berkeley-Law School (UCB).

Kerjasama itu tertuang ke dalam berbagai program seperti pengembangan dan kerjasama bidang akademik, peningkatan kapasitas melalui kerjasama pendidikan dan penelitian dan telah ditandatangani sejak 14 Juli 2021.

Read More

Pasca penandatanganan dilanjutkan dengan pertemuan daring untuk membicarakan tindaklanjut MoU dan dihadiri oleh Dekan UCB-Law School, Erwin Chemerisky, B.S, J.D menyebutkan bahwa pihaknya antusias dalam mendorong pengembangan ilmu hukum di Indonesia.

UCB berlokasi di Universitas California tepatnya di  2763-2719 Bancroft Way, Berkeley, CA 94704, Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1894.

Berkeley Law adalah salah satu sekolah terbaik hukum di Amerika Serikat. Berlokasi di salah satu univesitas terbaik dunia, satu dari 14 sekolah keahlian di University of California, Berkeley.

“Secara konsisten rankingnya selalu teratas di negara Amerika Serikat,” demikian pengakuan mereka.

Berkeley Law telah menghasilkan pemimpin dalam hukum, pemerintahan, dan masyarakat di Amerika Serikat, termasuk Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat Earl Warren, Sekretaris Negara Amerika Serikat Dean Rusk, aktivis hak-hak sipil Amerika Pauli Murray.

Yang lainnya adalah Hakim Agung California Cruz Reynoso, presiden dan pendiri Equal Justice Society Eva Paterson, Hakim Distrik California Utara Amerika Serikat Thelton Henderson, dan Jaksa Agung Amerika Serikat Edwin Meese.

Pada penandatanganan dengan Fakultas Hukum Unhas tersebut, bersama Erwin, nampak hadir pula Prof. Stephen A. Rosenbaum selaku counterpart mitra kerjasama.

Isi MoU antara Fakultas Hukum Unhas dengan UCB Berkeley Law School (dok: Dr Hasrul)

Menurut Dekan Fakultas Hukum, Prof  Dr.  Farida Patittingi, SH., M.Hum kerjasama ini adalah upaya terobosan dalam pengembangan mutu atas kualitas pendidikan hukum di Universitas Hasanuddin.

“Saya berharap dengan adanya memorandum of agreement  ini maka sebagai organisasi, Fakultas Hukum Unhas akan dapat memperkuat diri pada basis kelimuan kerjasama serta kebaruan atas keilmuannya,” katanya.

“Tentunya dengan melihat QS ranking UCB di peringkat 32 dan UCB-Law School di ranking 9 pada Legal Studies Rangking,” tambahnya.

“Ke depan, kerjasama ini akan mensinergikan pelaksanaan dari Trdi Dharma Pendidikan Tinggi,” ucapnya.

Dalam penandatangan ini di hadiri oleh Wakil Rektor 4 Riset, Inovasi dan Kerjasama, Prof dr. Muh. Nasrum Massi, PhD.  Prof Nasrum berharap agar nanti, akan ada pengiriman staf pengajar Fakultas Hukum Unhas ke UCB-Berkeley.

Nampak hadir Direktur Kemitraan Dr Mahatma ST MSc, para Wakil Dekan Fakultas Hukum Unhas, Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu Fak Hukum UNHAS, Ketua Program Studi: S1 Ilmu Prodi Hukum, S1 Prodi HAN, S2 Ilmu Hukum, S2 Kenotariatan, S3 Doktor.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim kerjasama Fakultas Hukum Unhas yang diketuai Dr. Birkah Latif, SH., MH., L.LM.

 

Editor: K. Azis

Related posts