Diaspora IPB Talk 1: Menjadi dosen di mancanegara pada era global, mengapa tidak?

  • Whatsapp
Para peserta 'diaspora talk IPB' (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pada hari 17 Oktober 2020, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni IPB bekerjasama dengan Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni (DKHA) IPB dan SEAMEO BIOTROP mengadakan acara DIASPORA TALK.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program penguatan jaringan Diaspora Alumni IPB yang ada di beberapa negara. Untuk kesempatan pertama ini, DIASPORA TALK Series Vol I mengambil tema tentang “ Menjadi Dosen di Mancanegara Pada Era Global, Mengapa Tidak?.

Diaspora Talk Series 1 ini menampilkan narasumber Dr. Salahuddin Muhidin (Dosen Macquarie University, Australia), Prof. Irwandi Jaswir (Koordinator Riset di Halal Industry Research Center, Universitas Islam International Malaysia, Kuala Lumpur).

Kemudian hadir pula Assoc. Prof. Mirna Matjik ( Profesor of Engineering Design and Society (EDS) at The Colorado School of Mined in The Small American Bown of Golden) yang di moderatori oleh Dr Zulhamsyah Irwan (Deputy Director SEAMEO BIOTROP dan Ketua Bidang Hubungan Alumni antar perguruan tinggi, lembaga non pemerintahan dan luar negeri DPP HA IPB).

Setelah itu tampil Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah (Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB).

Dr. Zulhamsyah Imran menegaskan bahwa Seameo Biotrop sangat berkepentingan pada program diaspora network.

“Hal ini karena sangat relevan untuk mengembangkan kerjasama penelitian dan pendidikan bidang biologi tropika berbasis “technosociopreneur” dengan alumni Diaspora IPB dan jaringannya untuk regional research centres di kancah internasional,” jelas Dr Zulhamsyah.

Menurut Ir. Walneg S Jas selaku Sekjen DPP HA IPB, di dalam momentum ini sekaligus diluncurkan Forum atau Program Alumni IPB Diaspora Network dengan perserta awal adalah 100 orang alumni IPB yg tinggal dan bekerja di 25 negara.

Diaspora Network ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi, sinergi dan jejaring alumni IPB di luar negeri dalam rangka berkontribusi untuk kemanfaatan bagi alumni itu sendiri, almamater IPB serta bagi bangsa.

Ketua Panitia Pelaksana Diaspora Talk Series, Armaiki Yusmur, M.Si menyatakan di dalam menguatkan jaringan Diaspora Network Alumni IPB, beberapa program yang sudah dan akan dilakukan adalah membentuk WAG Diaspora, menyelenggarakan Diaspora Talk Series minimal 2 bulanan.

“Lalu berupaya menjembatani kerjasama atau kemitraan antar lembaga, serta saling memberikan update timbal balik antara Diaspora dg IPB dan HA IPB,” tambah Armaiki.

Rektor IPB, Prof Dr. Arif Satria menyambut baik program penguatan jaringan diaspora Alumni IPB yang ada di seluruh penjuru dunia ini guna mendukung sinergi dan berkontribusi memberikan kemajuan IPB yang lebih baik.

Ketua Umum DPP HA IPB, Ir. Fathan Kamil juga mengajak seluruh alumni IPB baik yang berkiprah di luar dan dalam negeri untuk bersama-sama bersinergi, berkonsolidasi dan berkhidmat untuk alumni, almamater dan bangsa

Terakhir, Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Dr. Ir Syarifah Iis Aisyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni IPB dan berharap kedepannya sinergi yang solid tetap diitingkatkan demi kemajuan almamater tercinta

Jayalah IPB Kita!

Sumber: Dr Zulhamsyah Imran

 

Related posts