Info Buku: Peranan Bugis pendatang dalam proses islamisasi bagian timur Indonesia: Kasus konteks sejarah Ambon

  • Whatsapp
Masyarakat Bugis pendatang dan islamisasi di timur Indonesia (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Buku kece kini hadir di Kampung Buku Ininnawa. Penyedia buku yang beralama di Jl. Abdullah Daeng Sirua No.192 E, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231 ini berbagi kabar mengenai buku baru itu melalui akun Instagram mereka.

Kampung Buku Ininnawa menulis bahwa masyarakat Bugis memainkan peranan jangka panjang dalam hal Islamisasi di Maluku sejak abad XVI hingga sekarang.

Dalam proses Islamisasi Maluku, masyarakat Bugis melakukan: perkawinan campuran dengan masyarakat setempat, penguasaan di pasar tradisional, dan kerja sama dengan orang Islam lainnya untuk menyokong kekuasaan politik Islam dari periode Kolonial.

Baca selengkapnya di esai berjudul “Peranan Bugis Pendatang dalam Proses Islamisasi Bagian Timur Indonesia: Kasus Konteks Sejarah Ambon”. Ditulis oleh Badrus Sholeh di buku Diaspora Bugis di Alam Melayu Nusantara.

Informasi buku

Judul buku: Diaspora Bugis di Alam Melayu Nusantara
Penulis: Andi Faisal Bakti (ed.)
Penerbit Ininnawa
Detail buku: iv + 320 hlm
ISBN: 978-602-95231-5-7
Cetakan Pertama, Juli 2010
Harga: Rp82.000

Jika tertarik peroleh buku ini untuk informasi rinci mengenai peran masyarakat Bugis tersebut sila kontak pengelola Kampung Buku Ininnawa pada nomor 0813-5465-3603.

Related posts