Alumni Smansa Makassar Pimpin Ikatan Alumni Psikologi Universitas Indonesia

  • Whatsapp
Isdar Andre Marwan (kanan) terpilih sebagai ketua IKA Psikologi Universitas Indonesia (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID  – Isdar Andre Marwan resmi menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia Psikologi periode 2024-2027 setelah pengukukan di Auditorium Gedung H, Kampus UI Depok, Sabtu (6/4/2024) pagi.

Isdar melanjutkan kiprah Ivan Ahda yang memimpin organisasi itu sejak  2020 hingga 2023.

Isdar saat ini adalah Director Career Services Mercer dan merupakan putra kelahiran Makassar.

Pendidikan dasar hingga menengah semuanya ditempuh di Makassar. Ia adalah alumnus SD Mangkura Makassar, SMP Negeri 6 Makassar, dan SMA Negeri 1 Makassar masuk tahun 1987 dan tamat 1990.

Saat sekolah di SMA 1 Makassar, ia aktif sebagai anggota Pramuka dan sempat menjadi Wakil Ketua OSIS, yang saat itu dipimpin oleh Irwin Aras, dosen Fakultas Kedokteran Unhas.

Selepas dari SMA, Isdar Andre Marwan berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia juga sempat menjadi Ketua Senat Mahasiswa Psikologi.

Sebelumnya, Isdar terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional Iluni UI Psikologi pada 3 Maret 2024 di Kampus Depok.

Musyawarah dihadiri Dekan Fakultas Psikogi UI Bagus Takwin dan jajaran Fakultas Psikologi UI, sejumlah alumni, termasuk pemerhati anak-anak, Kak Seto.

Kemenakan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini menyebutkan akan lebih menguatkan jaringan alumni yang kuat dan mempertahankan komunitas alumni Psikologi UI yang dinamis.

“Program kita terutama memberikan masukan kepada pengambil kebijakan lewat riset, penulisan white paper, dan mendidik masyarakat Indonesia soal psikologi praktis,” ucapnya.

“Termasuk mengadakan alumni conference, memberdayakan alumni dengan program pengembangan bekerja sama dengan asosiasi profesi, dan sebagainya,” kata Isdar.

Isdar merupakan praktisi psikologi terapan dan berpengalaman selama puluhan tahun di bidang human capital.

Sebelum bekerja di Mercer, firma konsultasi sumber daya manusia dan jasa keuangan yang berpusat di New York, Amerika Serikat, Isdar pernah juga bergelut di dunia keuangan.

Ia pernah menjadi Human Resources Director Permata Bank dari bulan Mei 2018 hingga September 2018), Chief Human Resources Officer Manulife (2015 hingga 2018), dan SVP Human Resources, dan Generalist Head HSBC.

Beberapa alumni Psikologi Universitas Indonesia yang amat dikenal publik yakni Fuad Hassan (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 1985-1993), aktris Niniek L Karim, penggiat anak Kak Seto.

Lalu ada konsultan politik Muhammad Qodari, bintang film dan politisi Desy Ratnasari, serta penggiat pendidikan Najelaa Shihab.

 

Sumber: Unhas TV

Related posts