Dukung Pengembangan Potensi Kelautan dan Perikanan, PT Vale Bangun Dermaga Harapan

  • Whatsapp
Suasana peresmian Dermaaga Harapan (dok: PT vale Indonesia Tbk)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – “Kami membangun Dermaga Harapan di Desa Harapan, Kecamatan Malili, berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Timur,” jelas PT Vale Indonesia Tbk sebagaimana dikutip dari lama FB mereka, 7/11/2023.

Disebutkan, Desa Harapan termasuk salah satu daerah yang memiliki potensi unggulan, berada dikawasan pesisir dan industri olahan hasil laut (minapolitan). Minapolitan merupakan sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan dan kelautan.

“Pembangunan Dermaga Harapan merupakan bentuk komitmen PT Vale bersama Pemda Luwu Timur dalam mendukung kebutuhan prasarana di sektor perikanan bagi para nelayan setempat, sehingga dapat memudahkan akses nelayan dan mobilisasi hasil laut,” jelasnya.

Melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), kami berupaya meningkatkan pengembangan kawasan minapolitan dengan mengoptimalkan potensi perikanan dan kelautan secara terpadu dari hulu ke hilir.

Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) sangat erat kaitannya dengan kontribusi perseroan untuk bersama mencapai Sustainable Development Goals atau SDGs.

Program ini merupakan inovasi yang sifatnya menggabungkan potensi-potensi beberapa desa.

Sehingga, jika sebelum tahun 2018 pada era PMDM (Pemberdayaan Msayarakat Desa Mandiri), potensi dipetakan untuk tiap desa, maka setelah transformasi dilakukan, tiap desa dengan potensi yang sama dapat berkolaborasi dan berkembang menjadi satu kawasan

“Sesuai namanya, kami berharap, infrastruktur ini menjadi harapan bagi kita semua untuk saling bersinergi menuju masyarakat mandiri. Mohon dukungannya!” kunci mereka.

Peresmian dermaga dilakukan oleh Bupati Luwu Timur.

Budiman mengapresiasi PT Vale Indonesia Tbk atas komitmennya dalam mendukung pengembangan sektor perikanan karena telah membangun Dermaga Harapan, Desa Harapan, Kecamatan Malili.

Peresmian Dermaga Harapan berlangsung pada Senin (31/10/2023).

Sebagai tanda resminya penggunaan jembatan itu, Bupati melakukan prosesi pengguntingan pita dan penandatangan Prasasti serta Berita Acara Serah Terima Aset dari PT Vale ke Pemerintah Desa.

Budiman mengatakan, pembangunan Dermaga Harapan merupakan bentuk komitmen Pemkab Luwu Timur bersama PT Vale dalam mendukung sektor perikanan Kecamatan Malili khususnya Desa Harapan yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan atau berkegiatan pada bidang kelautan dan perikanan.

“Terima kasih PT Vale, dermaga ini alhamdulillah kita resmikan. Mudah-mudahan kebaikan yang PT Vale lakukan bersama masyarakat, menjadi amal ibadah,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Jumat (3/11/2023).

Bupati Budiman menyarakan dermaga tersebut dibangun dalam rangka mendukung segala aktivitas para nelayan di lokasi tersebut. Ia juga mengajak seluruh pengguna untuk merawat dengan baik fasilitas umum itu.

#PTValeIndonesia #PTVISustainableMining #MenujuMasyarakatBerkelanjutan

Sumber: FB PT Vale Indonesia Tbk

Related posts