Pemda Sinjai Berharap Peserta KKNT Unhas Bantu Pengembangan Pariwisata

  • Whatsapp
Dr Abdul Rssyid Jalil (dok: Istimiewa)

DPRD Makassar

PElAKITA.ID – Pemerintah daerah Kabupaten Sinjai menyambut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) gelombang 110 Universitas Hasanuddin pada hari Rabu 5 Juli 2023.

Penyambutan tersebut berlangsung di Kantor Bupati Sinjai.

“Pertemuan ini sebagai bentuk penerimaan mahasiswa KKNT  Sinjai gelombang 110 yang bertempat di kabupaten Sinjai dengan jumlah mahasiswa 72 orang serta didampingi dengan 3 Dosen Pembimbing KKN,” jelas Dt. Abd Rasyid Jalil dari DPK Unhas.

“Tema yang diusung pada KKN tematik di kabupaten Sinjai ialah “Pengembangan Wisata Ekonomi Kreatif,” ucapnya.

“Fokus tema ini adalah pariwisata dengan maksud untuk mengangkat destinasi wisata di kabupaten Sinjai,” tambah pria yang akrab disapa Pak Cido itu.

Mahasiswa KKNT Unhas akan disebar di tujuh desa atau kelurahan di kabupaten sinjai yang memiliki destinasi wisata seperti yang ada di Tongke Tongke, Panaikang, Bua, Kampala, Tompobulu, Barania dan Batu Belerang.

Pemerintah daerah juga menyampaikan beberapa arahan agar mahasiswa bisa memberikan karya kreatif.

“Caranya dengan mentransfer ilmu untuk pengembangan destinasi wisata dan berkolaborasi dengan stakeholder agar bisa sama sama membesarkan wisata Sinjai,” kata Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa yang menerima peserta KKNT.

“Terlebih lagi penyadaran terhadap masyarakat lokal sebagai pelaku wisata bukan hanya penikmat wisata,” ucapnya.

Sekda Sinjai Andi Jefrianto dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa tugas utamanya adik-adik mencari destinasi wisata.

“Kita berharap tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Sinjai dijadikan lokasi adik-adik dalam melakukan KKN nanti itu bisa sejajar dengan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi,” jelasnya .

“Sehingga itu akan menjadi sumber pendapatan asli desa dalam mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat desa,” kata dia.

Sekda dan dosen pembimbing KKN berharap kepada mahasiswa agar menjaga nama baik almamater Unhas dan menjadi contoh kepada mahasiswa mahasiswa lain dalam pengembangan wisata yang berkelanjutan.­

Related posts