Unhas gelar workshop STEM Faculties Development Program untuk peningkatan mutu pembelajaran

  • Whatsapp
Suasana pelakksanaan Workshop STEM Faculties Development Program (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

MAKASSAR, PELAKITA.ID – Dalam rangka pelaksanaan program Higher Education Partnership Initiative (HEPI) dan peningkatan kualitas dosen fakultas pada bidang Sains, Teknologi, dan Teknik di lingkup Universitas Hasanuddin, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) melaksanakan workshop bertajuk “Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Faculties Development Program”.

Kegiatan dilaksanakan pukul 08.00 Wita di Unhas Grand Ballroom, Unhas Hotel and Convention, Makassar, Kamis (19/01) sampai Jumat (20/01).

Pelaksanaan workshop merupakan implementasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tajuk workshop HEPI Curriculum and Workplan Co-Creation yang bertujuan menyamakan persepsi Tim HEPI/USAID dan Unhas.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana menyusun kurikulum dan rencana kerja program HEPI/USAID-Unhas yang akan dilaksanakan dalam lima tahun ke depan.

Hadir menjadi narasumber utama, Dr. Robert Schoenfeld yang memaparkan materi tentang “Developing a Philosophy of Teaching; Aligning Outcomes, Objectives and Assessments; dan Incorporating Teamwork into an Applied Learning Classroom”.

Dalam penjelasannya Dr. Schoenfeld menyampaikan pentingnya membangun filosofi pengajaran, memahami Taksonomi Bloom, menyelaraskan hasil, tujuan dan penilaian dalam strategi pembelajaran, dan pengaplikasian kerja tim yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

“Dengan proses mengidentifikasi dan membangun filosofi pengajaran maka seorang pendidik menjadi reflektif dan mengetahui tujuan pengajaran sehingga dapat menentukan apa yang diperoleh dan akan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah berhasil menyelesaikan studinya, serta sebagai pendidik dapat mengkomunikasikan tujuan dari course learning outcomes dan tindakan yang dapat diterapkan dan sesuai di kelas sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan dapat tercapai” jelas Dr. Schoenfeld.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi dari para peserta yang hadir. Secara umum, kegiatan berlangsung lancar dan diikuti oleh peserta yang berjumlah 37 orang dari jajaran Pimpinan Unhas, Instruktur PEKERTI/AA dan dosen dari Fakultas Teknik dan MIPA Unhas. (*/lpmpp/mir)

Related posts