Wakatobi Dive Trip rilis foto wreck Kulati Pulau Tomia

  • Whatsapp
Lokasi Wreck Kulati (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITAID – Sebuah foto tentang wreck atau bangkai kapal dibagikan Seto Ariyadi. Lokasi pengambilan foto di perairan Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Senin, 5/12/2022.

Pantai Huntete, Tomia (dok: K. Azis/Pelakita.ID)

“Kulati ship wreck,” tulis Seto.

Dia adalah founder dan owner Wakatobi Dive Trip yang sudah kesohor dan menjadi  operator kepercayaan publik untuk dapat memandu penyelaman di sekitar Perairan Wakatobi.

Dari laman media social Seto disebutkan, bangkal kapal itu dari masa perang. Perairan Kulati, daerah Hongoha.

Pelakita.ID mendapat informasi dari laman ScubaDiverzDotOrg terkait wreck ini. Menurut sumber https://scubadiverz.org/ disebutkan Wreck Kulati adalah satu-satunya penyelaman bangkai kapal di Tomia, Wakatobi dan hanya bisa diakses saat laut benar-benar tenang.

Suasana wreck Kulati yang dirilis Wakatobi Dive Trip (dok: Seto Aryadi)

“Obyek itu adalah sebuah kapal barang logam Jepang sepanjang 30 m di teluk kecil yang ditorpedo dari pelabuhan pada 65 tahun yang lalu. Struktur kapal sudah ditumbuhi banyak karang. Untuk bisa menetrasi dalam penyelaman sangat sulit tetapi kita dapat melihat dari luar bahwa ruang mesin penuh dengan ikan-ikanm,” tulis mereka.

Ikan-ikan dapat ditemukan di sekitar bangkai kapal, ikan, udang serta beberapa spesies lainnya menjadikan bangkai kapal ini sebagai rumah mereka.

Desa Kulati merupakan salah satu Desa di Kecamatan Tomia Timur. Ada beberapa objek wisata yang sudah digarap Pemerintah Daerah dan telah dipromosikan.

Penyelam Wakatobi Dive Trip dan kamera bawah lautnya (dok: Seto Aryadi)

Lokasi itu adalah Tebing Ampubero, Pantai Longe, Pantai Tee Timu, Pantai Hongaha, Pantai Huntete, Pantai Poolio, Pantai Lia Mebuni, Pantai Kampa hingga lokasi Dive Spot Bangkai Kapal seperti disebutkan di atas.

Di Desa ini sudah ada kelompok ekowisata yakni Poasanahada yang di damping oleh Komunitas Nelayan Pulau Tomia (KOMUNTO). Desa Kulati ini menjadikan desanya sebagai Desa ekowisata. Dimana di desa ini juga terdapat lokasi Bank Ikan.

Pesisir Laut Pulau Tomia (dok: K. Azis/Pelakita.ID)
Keindahan Pulau T Tomia di sisi barat pulau (dok: Pelakita.ID/K Azis)
Pesona bawah lautnya sulit ditandingi, ikan-ikannya bahkan dapat terlihat dari atas tebing pantai. Para penyelam wajib merasakan sensasi menjelajahi bangkai kapal perang Jepang (Japanese shipwreck), tidak jauh dari tebalnya pasir putih Pantai Hu’untete (SwissContact)

Info tentang Wakatobu Dive Trip

Related posts