Struktur dan proses tak lazim, inilah formasi pengurus IKA Smansa 91

  • Whatsapp
'Trisula' KSB Smansa 91 (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Struktur kepengurusan Ikatan Alumni Smansa Makassar angkatan 1991 unik dan tak lazim.  Organisasi IKA yang biasanya dijejali puluhan hingga ratusan orang pengurus tak menjadi rujukan atau gambaran organisasi alumni mereka.

Tak ada main tunjuk, atau aklamasi layaknya pemilihan ketua ikatan alumni. Mereka menawarkan proses dan struktur yang patut diapresiasi karena memanfaatkan teknologi ‘voting’.

Read More

“Tiga orang cukup, mereka trio KSB, ketua, sekretaris dan bendara. Jika ada kegiatan atau program, KSB cukup membuat SK kepanitiaan dari alumni yang ada dan bersedia,” jelas Agussalim Narwis, sekretaris kepengurusan periode 2020-2022.

Informasi tersebut dibagikan oleh pria yang disapa Ghusek itu setelah Ikatan alumni SMA Negeri I Makassar angkatan 91 berhasil memilih ketua, sekretaris dan bendahara untuk periode 2022 hingga 2024.

“Selamat kepada Ketua Sekretaris dan Bendahara KSB terpilih IKA SMAnSA ’91 Makassar, Ketua H. Mohammad Zuhair, ST., M.Eng, sekertaris Irwan Ridwan, ST., MT., PhD, bendahara  Ivonne Marisa Katilie, SE. Selamat bertugas,” sebut Ghusek.

Zuhair adalah sosok berpengalaman. Dia adalah Direktur Yayasan Kalla dan merupakan alumni Teknik Mesin Unhas.

Penyuka olahraga sepeda ini pernah mengikuti kursus jangka pendek leadership dan inovasi dalam tahun 2018 di Chuo University Jepang. Dia pun peraih gelar Master of Engineering (M.Eng pada RMIT University – Melbourne, tahun 1999-2000.

Sementara sekretarisnya, adalah akademisi, Dr.Eng. Irwan Ridwan Rahim, ST., MT. Irwan adalah dosen pada Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.

Berpengalaman sebagai Sarjana Teknik Sipil bidang Manajemen Konstruksi, manajemen proyek dan mendalami tema Solid Waste Management (Urban and Environmental Engineering) pada Kyusu University Jepang.

Dia aktif sebagai anggota  Himpunan Ahli Kontrak Konstruksi Indonesia – Sulsel serta IATPI (Ikatan Ahli Teknik Penyehatan Indonesia) – Sulsel.

Ivonne Katilie, bendahara IKA Smansa 91 bekerja sebagai bankir di Bank Danamon. Alumni Smansa Makassar ini adalah peraih gelar Sarjana Komunikasi dari Universitas Sam Ratulangi Manado.

‘Trisula’ KSB 91, Zuhair, Irwan dan Ivonne terpilih setelah melalui serangkaian tahapan. Pelaksanaan masa kampanye telah digelar sejak 21 hingga 27 April. Lalu pada tanggal 28 April hingga 4 Mei 2022 merupakan minggu tenang.

Pemilihan secara online dilangsungkan dari tanggal 5 sampai 11 Mei. Hasilnya diumumkan pada tanggal 12 Mei 2022.

Ada beberapa ketentuan yang telah disampaikan kepada para alumni untuk dapat mengikuti pemilhan. Di antaranya, pemilihan diselenggarakan oleh KSB 2020 – 2022. Seluruh alumni 91 memilih hak dipilih dan memilih.

Ketentuan lainnya adalah, KSB terdahulu tidak dapat dipilih kembali. Alumni dengan suara terbanyak terpilih sebagai KSB. Alumni yang terpilih tidak dapat menolak. Pemungutan suara dilakukan secara oline melalui goohle form. Hasil pemungutan tidak dapat diganggu gugat.

Sebagai informasi, ketua IKA Smansa 91 periode sebelumnya adalah Immank, sementara sekretaris adalah Agussalim ‘Ghusek’ Narwis, bendahara Syamsul ‘Panjul’ Bahri.

Mari doakan semoga ketiga pengurus bisa mengemban amanah, bisa menjaga marwah kebersamaan dan solidaritas IKA Smansa 91 yang sudah teruji dan luar biasa kreatif itu. #tsah

 

Editor: K. Azis

 

 

 

Related posts