City Expo hingga Berlayar Pinisi pada Hari Kedua Rakernas Apeksi di Makassar

  • Whatsapp
Peserta Rakernas Apeksi 2023 mengikuti tur dengan kapal pinisi (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Indonesia City Expo (ICE) ke-19 yang merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia resmi dibuka, Rabu (12/7).

“Saya berharap ICE dapat memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM. Utamanya produk-produk lokal Kota Makassar,” kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

“Saya mengajak para wali kota menandatangani prasasti APEKSI di Anjungan Pantai Losari sesaat sebelum berlayar,” sebut Danny.

Read More

ICE 2023 diikuti sejumlah perwakilan pemerintah kota, ada yang memamerkan lokasi wisata, produk olahan, usaha UMKM, kerajinan tangan hingga inovasi robot.

Makassar menghadirkan Inkubator UMKM dan menjajakan sejumlah produk seperti kopi Toraja hingga keripik berbahan ikan.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengapresiasi pelaksanaan Rakernas Apeksi di Makassar. Dia yang hadir di lokasi expo mengaku salut dengan proses dan hasil kegiatan.

“Acara Rakernas digelar dengan baik oleh Pemerintah Kota Makassar,” kata dia.

Dia juga mengaku selama di Makassar telah menjajal sejumlah makanan khas setempat seperti Coto dan Konro.  Selain itu dia pun mengaku sempat keliling kota dan mengamati perubahan Makassar.

Para peserta pada pembukaan ICE 2023 sebagai rangkaian Rakernas Apeksi 2023 di Kota Makassar (dok: istimewa)

“Kota ini banyak berubah, luar biasa Pak Wali Kota Makassar,” pujinya.

Terkait prasasti yang ditandatangani para peserta itu, Danny berharap akan menjadi bukti historis tentang kebersamaan pada wali kota di Indonesia.

“Prasasti ini bakal menjadi bukti sejarah bahwa di Makassar pernah berkumpul para pemimpin yang mengabdikan diri untuk masyarakat,” lanjut dia.

Setelah itu, ada satu event lainnya yang juga tidak kalah menarik.  Peserta berpinisi ria!

“Setelah pembukaan Rakernas Apeksi dan Indonesia City Expo saya mengajak Wali Kota se-Indonesia menikmati suasana sore dan senja di perairan Losari Makassar,” kata Danny, Rabu (12/7).

“Di atas kapal pinisi, Wali Kota peserta Rapat Kerja Nasional APEKSI kami sajikan aneka kue dan kudapan khas Kota Makassar ditemani teh hangat,” tambahnya.

“Sebelumnya, saya mengajak para wali kota menandatangani prasasti APEKSI di Anjungan Pantai Losari sesaat sebelum berlayar,” kata Danny.

Dia berharap prasasti ini bakal menjadi bukti sejarah bahwa di Makassar pernah berkumpul para pemimpin yang mengabdikan diri untuk masyarakat.

Danny juga menyebut pelaksanaan dua event seperti Indonesia City Expo hingga berlayar dengan pinisi ini menjadi inspinrasi bahwa pemerintah kota terutama di Makassar peduli tumbuh kembangnya UMKM dan khazanah kebudayaan maritim seperti pinisi ini.

“Pinisi ini kebanggaan kita, kebanggaan Makassar, kebanggaan Sulawesi Selatan, kebanggaan Indonesia,” pungkasnya.


Redaksi

 

 

 

 

Related posts