‘Road to Merdeka Cup 79’, IKA Unhas Jabodetabek Gelar Baksos Kesehatan hingga Konsultasi Hukum dan UMKM

  • Whatsapp
Ketua Panitia Merdeka Cup 79. dr Afdal Abdullah saat memberikan sambutan pada Baksos Kesehatan, Hukum dan UMKM di Museum Bahari (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Alumni perguruan tinggi mestinya bisa menjadi pilar bangsa sekaligus penggerak perubahan. Darmabakti mereka dibutuhkan oleh Bangsa sesuai dengan kadar kemampuan atau kapasitasnya.

Itu pula yang menjadi alasan mengapa alumni Universitas Hasanuddin yang ada dan berhimpun di Kawasan Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi bahu membahu untuk mewujudkannya.

Salah satunya dengan adanya Merdeka Cup 79 melalui kegiatan antara Bakti Kesehatan IKA Unhas Jabodetabek untuk masyarakat luas.

Read More

“Universitas Hasanuddin, panjimu kita bawa serta, pancangkan di medan bakti namamu kita bersama, menjadi spirit kegiatan ini dan juga sudah dilaporkan kepada ketua umum IKA Unhas, Pak Andi Amran Sulaiman,” terang Muhammad Ismak, Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Ahad, 25/8/2024.

Video on the spot by Ahmad Musa Said.

Menurutnya, sepenggal lagu Mars UNHAS itu yang selalu melekat di sanubari alumni UNHAS.

“Makna lagu tersebut selalu terimplementasi dalan karya dan ilmu setiap alumninya di manapun berada. Mars yang selalu memanggil alumni untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” tambah alumni FH Unhas angkatan 1987 itu.

“Lantaran itu, alumni Unhas dalam wadah IKA Unhas Wilayah Jabodetabek terkhusus alumni Unhas IKA UH  Kedokteran wilayah jabodetabek untik ikut mewarnai kiprah alumni melalui Bakti Sosial Kesehatan ini,” ungkap Ismak.

“Kali ini melakukan Bakti Alumni untuk Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Meseum Bahari Jakarta Utara pada hari ini, Ahad  25 Agustus 2025,” ucapnya.

Pelaksanaan Bakti Sosial IKA Unhas Jabodetabek di Museum Bahari Jakarta, Ahad, 25/8/2024.

Ismak menyebut, kegiatan ini diikuti oleh masyarakat sekitar dan alumni Unhas yang ada di Jabodetabek.

“Ada beberapa kegiatan, konsultasi dan pemerikasaan kesehatan umum, gigi, penyakit dalam dan konsultasi hukum , termasuk donor darah dan pelatihan UMKM,” jelas Ismak.

Ketua panitia Bakti Sosial, dr Ardiansyah, menyampaikan terima kasih kepada partisipan baik alumni serta BPJS DKI , Primaya Hospital, Unilever, Merial Healt, DANON one Planet, one Health dan Ismak Advocaten.

Sementara, ketua panitia Merdeka Cup 79 yang merupakan payung untuk kegiatan Baksos. dr Afdal Abdullah mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana.

“Semoga kegiatan ini, yang merupakan wujud dari Bakti Alumni Unhas di perantuan dengan keahlian sesuai keilmuannya bermanfaat bagi kita semua, terutama masyarakat di sekitar kita,” kata Afdal yang merupakan salah satu direktur di BPJS ini.

Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak saat memberikan penjelasan dengan spirit, tujuan dan pentingnya kegiatan Merdeka Cup 79 dan Baksos (dok: Istimewa)

“Semoga keikhlasan peserta dan alumni dalam memeriahkan acara baksos ini menjadi bentuk dan gambaran kepedulian bersama dalam memahami hikmah kehidupan,” tambah alumni Smansa Makassar angkatan 91 itu.

Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak mengajak warga utk memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya.

“Khususnya terkait kesehatan dan konsultasi hukum. Jangan lupa juga untuk ikut medonorkan darah demi  kemanusiaan,” ajaknya.

Baksos Kesehatan IKA Unhas Jabodetabek dalam Rangka Pelaksanaan Merdeka Cup 79 (dok: Istimewa)

Konsultasi Hukum yang disiapkan IKA Unhas Jabodetabek (dok: Istimewa)

Di sela-sela kegiatan sekretaris panitia dr Iswanto mengajak ngobrol persiapan Merdeka Cup yang akan digelar pada hari Ahad 31 Agustus 2024.

“Kami berharap partisipasi alumni terus bertambah, semakin meriah. Ditunggu partisipasi alumni pada kegiatan tersebut,” ajaknya.

“Jang-ki lupa juga membawa kue-kue tradisional untuk dinikmati dengan riang gembira,” ucap Iswanto.

Penulis: Awal Cindenk, Alumni Kelautan Unhas, 89

Related posts