Pengusaha dan aktivis kampus Sakkir Hanafie tegaskan maju calon ketua IKA Unhas

  • Whatsapp
Aktivis kampus dan pengusaha Sakkir Hanafie bersiap maju untuk IKA Unhas

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Jelang pelaksanaan Musyawarah Besar IKA Unhas yang hanya menghitung jari, Sakkir Hanafie, ketua IKA FKM Unhas mengutarakan niatnya untuk berbakti bagi civitas akademika Unhas dengan bersedia memimpin Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin.

Sakkir hadir menambah dafta panjang calon ketua IKA Unhas.. Teranyar, sosok Prof Yusran Jusuf dari Agrokompleks disebut berminat untuk maju.

Sebelumnya sudah ada nama Andi Amran Sulaiman, Syahrul Yasin Limpo, Andi Ina Kartika Sari, Ni’matullah RB, Andi Iwan Patwari, Muhammad Ramli Rahim, Hadi Mulyadi hingga Dr Sudirman Numba.

Read More

“Saya mendengar langsung kalau beliau punya niat untuk memimpin organisasi sebesar IKA Unhas,” sebut Hidayah Muhallim sahabat Sakkir saat dikonfirmasi Pelakita.ID, 14/2/2022.

Sakkir Hanafie (tengah) saat ngopi bareng aktivits Unhas (dok: istimewa)

Menurut Hidayah, Sakkir punya modal kuat karena berpengalaman mengelola IKA Fakultas Kesehatran Masyarakat dan meski demikian dia pun punya reputasi dalam menggerakkan organisasi bisnis.

Hasil penelusuran Pelakita.ID, Sakkir punya bisnis sawit dan lahan peternakan superjumbo di Bombana, Sulawesi Tenggara.

Pun, berdasarkan obrolan antara Hidayah dan Sakkir, jika kelak terpilih sebagai Ketua IKA Unhas, ide Sakkir adalah  mengupayakan penyediaan sekretariat permanen untuk IKA Unhas sebab menurutnya ini penting dan bisa menjadi ‘rumah singgah’ alumni.

“Yang juga tak kalah menarik adalah gagasan agar petugas sekretariat punya gaji. Berikutnya adalah penyediaan dana abadi untuk kegiatan alumni, penguatan jejaring dengan dunia industri, penguatan SDM untuk jalur sekolah S2 dan S3,” sebut Hidayah.

“Beliau akan siapkan lahan 2000 HA untuk dijadikan kemitraan bagi alumni yang memiliki minat enterpreneurship. Menurutnya, alumni Unhas harus tampil sebagai penyokong utama tersedianya sumber pangan di Indonesia Timur,” ucapnya.

“Pak Sakkir juga akan menyiapkan tenaga ahli bidang peternakan, kelautan, perikanan hingga kehutanan dan perkebunan untuk melatih alumni-alumni fresh graduate agar menjadi pengusaha handal yang membantu menyiapkan ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia,” tambahnya.

“Tambahan, misi utamanya adalah bagaimana IKA Unhas sebagai rumah besar bagi seluruh alumni tanpa kecuali,” pungkasnya.

 

Editor: K. Azis

Related posts