10 elemen JURNALISME menurut Bill Kovach dan Tom Rosenstiel

  • Whatsapp
Bill Kovach dan kuot-nya (dok: istimewa)

DPRD Makassar

Bahkan di dunia dengan suara yang berkembang, “mengerjakan dengan benar” adalah fondasi di mana segala sesuatu dibangun – konteks, interpretasi, komentar, kritik, analisis, dan debat. Kebenaran yang lebih besar, seiring waktu, muncul dari forum ini.

 

Dalam bukunya, The Elements of Journalism, Bill Kovach dan Tom Rosenstiel mengidentifikasi prinsip dan praktik jurnalisme yang penting untuk menjadi acuan jurnalis, perwarta atau pembawa kabar.

Berikut adalah 10 elemen umum untuk jurnalisme yang baik, diambil dari buku tersebut.

Pertama. kewajiban pertama jurnalisme adalah kebenaran

Pengambilan keputusan yang baik bergantung pada orang-orang yang memiliki fakta yang andal dan akurat dalam konteks yang bermakna.

Jurnalisme tidak mengejar kebenaran secara absolut atau filosofis, tetapi dalam kapasitas yang lebih membumi. Ini dibahasakan bahwa “Semua kebenaran – bahkan hukum sains – dapat direvisi, tetapi kami menjalankannya untuk sementara karena itu diperlukan dan berfungsi,” tulis Kovach dan Rosenstiel dalam buku tersebut.

Jurnalisme, lanjut mereka, mencari “bentuk kebenaran yang praktis dan fungsional.”

Ini bukanlah kebenaran dalam pengertian absolut atau filosofis atau ilmiah, melainkan pengejaran “kebenaran yang dengannya kita dapat beraktivitas atau beroperasi sehari-hari”.

“Kebenaran jurnalistik” ini adalah proses yang dimulai dengan disiplin profesional dalam mengumpulkan dan memverifikasi fakta.

Kemudian jurnalis mencoba menyampaikan penjelasan yang adil dan dapat diandalkan tentang maknanya, yang dapat diselidiki lebih lanjut.

Wartawan harus setransparan mungkin tentang sumber dan metode sehingga khalayak dapat menilai sendiri informasi tersebut.

Bahkan di dunia dengan suara yang berkembang, “mengerjakan dengan benar” adalah fondasi di mana segala sesuatu dibangun – konteks, interpretasi, komentar, kritik, analisis, dan debat. Kebenaran yang lebih besar, seiring waktu, muncul dari forum ini.

Saat warga menghadapi aliran data yang semakin besar, mereka memiliki lebih banyak kebutuhan – tidak kurang – untuk pemasok informasi yang didedikasikan untuk menemukan dan memverifikasi berita dan memasukkannya ke dalam konteks.

Kedua, loyalitas pertamanya adalah kepada warga negara

Penerbit jurnalisme – apakah perusahaan media menjawab pengiklan dan pemegang saham atau blogger dengan keyakinan dan prioritas pribadinya sendiri – harus menunjukkan kesetiaan tertinggi kepada warga negara.

Mereka harus berusaha untuk menempatkan kepentingan publik – dan kebenaran – di atas kepentingan atau asumsi mereka sendiri.

Komitmen terhadap warga negara adalah perjanjian tersirat dengan audiens dan landasan model bisnis jurnalistik – jurnalisme asalkan “tanpa rasa takut atau bantuan” dianggap lebih berharga daripada konten dari sumber informasi lain.

Komitmen terhadap warga negara juga berarti jurnalisme harus berupaya menampilkan gambaran yang representatif dari kelompok konstituen dalam masyarakat. Mengabaikan warga tertentu memiliki efek pencabutan hak mereka.

Teori yang mendasari industri berita modern adalah kepercayaan bahwa kredibilitas membangun audiens yang luas dan setia dan pada gilirannya kesuksesan ekonomi akan mengikuti.

Dalam kaitan itu, para pelaku bisnis dalam sebuah organisasi berita juga harus memupuk – bukan mengeksploitasi – kesetiaannya kepada khalayak di atas pertimbangan lain.

Teknologi dapat berubah tetapi kepercayaan – ketika diperoleh dan dipelihara – akan bertahan lama.

Ketiga, esensinya adalah disiplin verifikasi

Wartawan mengandalkan disiplin profesional untuk memverifikasi informasi.

Meskipun tidak ada kode standar seperti itu, setiap jurnalis menggunakan metode tertentu untuk menilai dan menguji informasi agar “benar”.

Bersikap tidak memihak atau netral bukanlah prinsip inti jurnalisme. Karena jurnalis harus membuat keputusan, dia tidak dan tidak bisa objektif. Tetapi metode jurnalistik bersifat objektif.

Ketika konsep objektivitas awalnya berkembang, tidak berarti bahwa jurnalis bebas dari bias. Lebih tepatnya, ini membutuhkan metode pengujian informasi yang konsisten – pendekatan transparan terhadap bukti – tepatnya sehingga bias pribadi dan budaya tidak merusak keakuratan pekerjaan.

Metodenya objektif, bukan jurnalisnya.

Mencari banyak saksi, mengungkapkan sebanyak mungkin tentang sumber, atau meminta komentar dari berbagai pihak, semuanya menandakan standar tersebut. Disiplin verifikasi inilah yang membedakan jurnalisme dari bentuk komunikasi lain seperti propaganda, periklanan, fiksi, atau hiburan.

Keempat, para praktisinya harus menjaga independensi dari orang-orang yang mereka liput

Kemandirian adalah landasan keandalan.

Pada satu tingkat, itu berarti tidak tergoda oleh sumber, terintimidasi oleh kekuasaan, atau dikompromikan oleh kepentingan pribadi.

Pada tingkat yang lebih dalam, ini berbicara tentang semangat kemandirian dan keterbukaan pikiran serta keingintahuan intelektual yang membantu jurnalis melihat melampaui kelas atau status ekonomi, ras, etnis, agama, gender, atau egonya sendiri.

Independensi jurnalistik, tulis Kovach dan Rosenstiel, bukanlah netralitas.

Meskipun editorialis dan komentator tidak netral, sumber kredibilitas mereka tetaplah keakuratan, keadilan intelektual, dan kemampuan mereka untuk menginformasikan – bukan pengabdian mereka pada kelompok atau hasil tertentu. Namun, dalam kemerdekaan kita, jurnalis harus menghindari kesesatan, elitisme, isolasi, atau nihilisme.

Kelima, harus berfungsi sebagai pemantau kekuasaan yang independen

Jurnalisme memiliki kapasitas yang tidak biasa untuk berfungsi sebagai pengawas atas mereka yang kekuasaan dan posisinya paling mempengaruhi warga negara.

Peran pengawas sering disalahpahami, bahkan oleh jurnalis, sebagai “menyiksa yang nyaman”.

Meskipun mengganggu applecart mungkin merupakan hasil dari jurnalisme pengawas, konsep yang diperkenalkan pada pertengahan 1600-an jauh lebih tidak agresif.

Sebaliknya, ia berusaha untuk mendefinisikan kembali peran jurnalis dari stenografer pasif menjadi lebih dari sekadar pengamat yang ingin tahu yang akan “mencari dan menemukan berita”.

Peran pengawas juga berarti lebih dari sekadar mengawasi pemerintah. “Wartawan paling awal,” tulis Kovach dan Rosenstiel, “tegas ditetapkan sebagai prinsip inti tanggung jawab mereka untuk memeriksa sudut-sudut masyarakat yang tak terlihat.

Dunia yang mereka catat menangkap imajinasi sebagian besar masyarakat yang kurang informasi, menciptakan pengikut populer yang langsung dan antusias.

Akhirnya, tujuan pengawas melampaui sekadar membuat manajemen dan pelaksanaan kekuasaan transparan, untuk membuat diketahui dan dipahami efek dari kekuasaan itu. Ini termasuk melaporkan keberhasilan serta kegagalan.

Jurnalis memiliki kewajiban untuk melindungi kebebasan pengawas ini dengan tidak merendahkannya dalam penggunaan yang sembrono atau mengeksploitasinya untuk keuntungan komersial.

Keenam, harus menyediakan forum untuk kritik publik dan kompromi

Media berita adalah pembawa diskusi publik yang umum, dan tanggung jawab ini membentuk dasar untuk hak istimewa yang diterima penyedia berita dan informasi dari masyarakat demokratis.

Hak istimewa ini dapat melibatkan subsidi untuk distribusi atau penelitian dan pengembangan (tarif pos yang lebih rendah untuk pencetakan, penggunaan spektrum publik oleh penyiar, pengembangan dan pengelolaan Internet) hingga undang-undang yang melindungi konten dan kebebasan berbicara (undang-undang hak cipta, pencemaran nama baik, dan perlindungan).

Hak istimewa ini, bagaimanapun, tidak ditentukan sebelumnya atau abadi. Sebaliknya, mereka diberikan karena kebutuhan akan pasokan informasi yang melimpah. Mereka didasarkan pada asumsi bahwa jurnalisme – karena prinsip dan praktiknya – akan menyediakan aliran konten berkualitas lebih tinggi yang akan digunakan warga negara dan pemerintah untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Secara tradisional, perjanjian ini antara organisasi berita dan pemerintah. Bentuk baru media digital, bagaimanapun, menempatkan tanggung jawab pada setiap orang yang “mempublikasikan” konten – baik untuk keuntungan atau untuk kepuasan pribadi – di domain publik.

Bahan mentah yang dilemparkan ke dalam pasar ide menopang dialog sipil dan melayani masyarakat dengan sangat baik ketika itu terdiri dari informasi yang diverifikasi daripada hanya prasangka dan anggapan.

Jurnalisme juga harus berusaha untuk secara adil mewakili berbagai sudut pandang dan kepentingan dalam masyarakat dan menempatkannya dalam konteks daripada hanya menyoroti pinggiran perdebatan yang saling bertentangan.

Akurasi dan kejujuran juga mensyaratkan agar diskusi publik tidak mengabaikan poin-poin kesamaan atau contoh di mana masalah tidak hanya diidentifikasi tetapi juga dipecahkan.

Maka, jurnalisme lebih dari sekadar menyediakan jalan keluar untuk diskusi atau menambahkan suara seseorang ke dalam percakapan.

Jurnalisme mengemban tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas debat dengan memberikan informasi yang terverifikasi dan ketelitian intelektual. Sebuah forum tanpa memperhatikan fakta gagal untuk menginformasikan dan menurunkan daripada meningkatkan kualitas dan efektivitas pengambilan keputusan warga negara.

Ketujuh, harus berusaha untuk menjaga yang signifikan tetap menarik dan relevan

Jurnalisme adalah bercerita dengan tujuan. Itu harus melakukan lebih dari sekadar mengumpulkan audiens atau katalog yang penting.

Itu harus menyeimbangkan apa yang pembaca tahu mereka inginkan dengan apa yang tidak dapat mereka antisipasi tetapi butuhkan.

Pelatih penulisan Roy Peter Clark dan Chip Scanlan menggambarkan penulisan berita yang efektif sebagai titik temu antara kejelasan kewarganegaraan, informasi yang dibutuhkan warga agar berfungsi, dan keanggunan sastra, yang merupakan rangkaian keterampilan bercerita reporter.

Dengan kata lain, bagian dari tanggung jawab jurnalis adalah memberikan informasi sedemikian rupa sehingga orang cenderung mendengarkan. Oleh karena itu, jurnalis harus berusaha untuk membuat hal yang signifikan menjadi menarik dan relevan.

Kualitas diukur baik oleh seberapa banyak sebuah karya melibatkan audiensnya dan mencerahkannya. Ini berarti jurnalis harus terus bertanya informasi apa yang paling bernilai bagi warga negara dan dalam bentuk apa yang paling mungkin diasimilasi oleh orang-orang.

Sementara jurnalisme harus melampaui topik-topik seperti pemerintah dan keselamatan publik, jurnalisme yang diliputi oleh hal-hal sepele dan signifikansi palsu meremehkan dialog sipil dan pada akhirnya kebijakan publik.

Kedelapan, harus membuat berita komprehensif dan proporsional

Jurnalisme adalah kartografi modern kita. Ini menciptakan peta bagi warga untuk menavigasi masyarakat.

Seperti halnya peta apa pun, nilainya bergantung pada kelengkapan dan proporsionalitas di mana yang signifikan diberikan visibilitas yang lebih besar daripada yang sepele.

Menyimpan berita secara proporsional adalah landasan kejujuran.

Membesar-besarkan peristiwa untuk sensasi, mengabaikan orang lain, membuat stereotip, atau bersikap negatif secara tidak proporsional semuanya membuat peta yang kurang dapat diandalkan.

Kesembilan, praktisinya harus diizinkan untuk menggunakan hati nurani pribadi mereka

Melakukan jurnalisme, baik sebagai penulis profesional untuk organisasi berita atau sebagai kontributor online di ruang publik, melibatkan kompas moral seseorang dan menuntut rasa etika dan tanggung jawab pribadi.

Karena “berita” itu penting, mereka yang memberikan berita memiliki tanggung jawab untuk menyuarakan hati nurani mereka dengan lantang dan membiarkan orang lain melakukannya juga.

Mereka harus bersedia mempertanyakan pekerjaan mereka sendiri dan berbeda dengan pekerjaan orang lain jika keadilan dan akurasi menuntut mereka melakukannya.

Organisasi berita melakukannya dengan baik untuk memelihara kemandirian ini dengan mendorong individu untuk mengungkapkan pikiran mereka.

Percakapan dan debat merangsang keragaman intelektual pikiran dan suara yang diperlukan untuk memahami dan secara akurat mencakup masyarakat yang semakin beragam.

Memiliki ruang redaksi yang beragam tidak banyak berarti jika suara-suara yang berbeda itu tidak diucapkan atau didengar.

Ini juga masalah kepentingan pribadi. Karyawan yang didorong untuk mengangkat tangan dapat “menyelamatkan bos dari dirinya sendiri” atau melindungi reputasi organisasi berita dengan menunjukkan kesalahan, menandai kelalaian penting, mempertanyakan asumsi yang salah arah, atau bahkan mengungkapkan kesalahan.

Memiliki rasa etika mungkin paling penting bagi jurnalis individu atau kontributor online.

Semakin banyak, mereka yang memproduksi “berita” bekerja sendiri-sendiri, baik dari ruang redaksi, tempat kejadian berita, atau kantor pusat mereka.

Mereka dapat mengajukan langsung ke publik tanpa jaring pengaman pengeditan, pandangan kedua, atau kolaborasi dengan orang lain.

Sementara crowdsourcing oleh audiens dapat menangkap dan memperbaiki kesalahan atau informasi yang salah, reputasi penulis dan kualitas dialog publik tetap rusak.

Sepuluh, warga negara juga memiliki hak dan tanggung jawab ketika datang ke berita

Rata-rata orang sekarang, lebih dari sebelumnya, bekerja seperti jurnalis.

Menulis entri blog, mengomentari situs media sosial, mengirim tweet, atau “menyukai” gambar atau kiriman, kemungkinan melibatkan versi singkat dari proses jurnalistik.

Seseorang menemukan informasi, memutuskan apakah itu dapat dipercaya atau tidak, menilai kekuatan dan kelemahannya, menentukan apakah itu berharga bagi orang lain, memutuskan apa yang harus diabaikan dan apa yang harus diteruskan, memilih cara terbaik untuk membagikannya, dan kemudian menekan tombol “kirim”. tombol.

Meskipun proses ini mungkin memakan waktu hanya beberapa saat, pada dasarnya itulah yang dilakukan wartawan.

Namun, ada dua hal yang memisahkan proses mirip jurnalistik ini dari produk akhir yaitu “jurnalisme”.

Yang pertama adalah motif dan niat. Tujuan jurnalisme adalah memberi orang informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang kehidupan dan masyarakat mereka.

Perbedaan kedua adalah bahwa jurnalisme melibatkan penerapan disiplin verifikasi secara sadar dan sistematis untuk menghasilkan “kebenaran fungsional”, sebagai lawan dari sesuatu yang hanya menarik atau informatif. Namun sementara prosesnya kritis, itu adalah produk akhir – “cerita” – yang pada akhirnya dinilai oleh jurnalisme.

Saat ini, ketika dunia dibanjiri informasi dan berita tersedia kapan saja di mana saja, hubungan baru sedang terbentuk antara pemasok jurnalisme dan orang-orang yang mengkonsumsinya.

Wartawan baru bukan lagi penjaga gerbang yang memutuskan apa yang harus dan tidak boleh diketahui publik. Individu tersebut sekarang adalah manajer sirkulasi dan editornya sendiri.

Agar relevan, jurnalis sekarang harus memverifikasi informasi yang sudah dimiliki atau kemungkinan akan ditemukan konsumen dan kemudian membantu mereka memahami apa artinya dan bagaimana mereka dapat menggunakannya.

Jadi, tulis Kovach dan Rosenstiel, “Tugas pertama jurnalis baru/pembuat pengertian adalah  memverifikasi informasi mana yang dapat diandalkan dan kemudian mengaturnya sehingga orang dapat memahaminya secara efisien.”

Bagian dari tanggung jawab jurnalistik baru ini adalah “untuk menyediakan warga dengan alat yang mereka butuhkan untuk mengekstraksi pengetahuan bagi diri mereka sendiri dari banjir atau rumor, propaganda, gosip, fakta, penegasan, dan dugaan yang tidak dapat dibedakan yang sekarang dihasilkan oleh sistem komunikasi.”


Editor: K. Azis

____
Panduan ini, seperti banyak panduan lainnya di bagian Esensi Jurnalistik API, sebagian besar didasarkan pada penelitian dan ajaran Komite Jurnalis Peduli — sebuah konsorsium reporter, editor, produser, penerbit, pemilik, dan akademisi yang selama 10 tahun memfasilitasi diskusi di antara ribuan jurnalis tentang apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya, dan mengapa itu penting. Penulis, Walter Dean, adalah direktur pelatihan CCJ, dan mantan Direktur Eksekutif API Tom Rosenstiel yang sebelumnya menjadi ketua bersama komite.

Sumber: https://www.americanpressinstitute.org/journalism-essentials/what-is-journalism/elements-journalism/

 

Related posts