Jurnal Mahasiswa Hukum Unhas terindeks Garuda menuju akreditasi SINTA

  • Whatsapp
Dekan FH Unhas Prof Farida Patittingi, Dekan bidang Kemahasiswaan FH Unhas, Dr Hasrul dan mahasiswa di balik terbitnya Jurnal Legislatif tersebut (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Unit kegiatan mahasiswa sejatinya menjadi garda terdepan dalam mengkaji atau menawarkan solusi pada isu-isu sosial kemasyarakatan maupun praktik bernegara. Mereka adalah simpul bertemunya ide-ide perubahan, menganalisisnya, lalu hasilnya dikomunikasikan kepada mitra strategisnya atau publik.

Hal tersebut tekah ditunjukkan oleh unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (UKM LP2KI) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang kembali menerbitkan Jurnal Legislatif yang masuk Volume 4 Nomor 2.

Read More

Penerbitan volume ini menghimpun dan menyeleksi berbagai artikel mahasiswa dari berbagai Universitas ternama Indonesia. Berisi tema-tema kontemporer, sosial politik, hukum, dan dinamika kehidupan berbangsa.

Jurnal Legislatif karya mahasiswa FH Unhas (dok: istimewa)

Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof Dr. Farida Fatittingi ,S.H. M.Hum., menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas terbitnya jurnal Legislatif. Jumlah submission artikel mencapai angka tertinggi sejak diterbitkan pertama kali.

“Jurnal Legislatif ini nantinya akan cepat mendapatkan akreditasi nasional bereputasi karena banyak diminati oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Jurnal ini juga menumbuhkan minat menulis ilmiah di kalangan mahasiswa kita,” jelas Prof Farida.

Dia menyebut dengan karya tersebut diharapkan akan menambah capaian Fakultas Hukum pada bidang penerbitan jurnal dimana sebelumnya Jurnal Amanagappa telah terakreditasi Shinta 2, serta Jurnal Internasional Hasanuddin Law Review yang satu-satunya jurnal hukum di Indonesia yang telah terindeks SCOPUS.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH Unhas Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., menambahkan, Dekanat selalu memberikan dukungan penuh untuk kegiatan kemahasiswaan termasuk pengelolaan jurnal.

“Meskipun pandemi, mahasiswa Fakultas Hukum Unhas tetap aktif berkarya dalam berbagai bidang. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi fakultas,” sebut Dr Hasrul.

Setelah Jurnal Legislatif berhasil terindeks Garda Rujukan Digital (GARUDA), UKM LP2KI semakin bersemangat meningkatkan kualitas menuju akreditasi SINTA.

Ketua Umum LP2KI, Ahmad Taufiq mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penerbitan Jurnal Legislatif.

“Tentu kesuksesan penerbitan jurnal dan kemajuan Jurnal Legislatif tidak lepas dari dukungan penuh pihak dekanat Fakultas Hukum, termasuk penerbitan jurnal edisi kali ini,” katanya.

“Raihan dari Jurnal Legislatif adalah bukti bahwa meskipun dalam keadaan terbatas, mahasiswa Hukum Unhas tetap produktif dalam kegiatan kemahasiswaan,” pungkas Taufiq. (*/mir)

Related posts