Pengurus IKA SMANCA Soppeng Dikukuhkan, Kombes Faizal Harap Kontribusi Alumni

  • Whatsapp
Pengukuhan Pengurus IKA SMANCA Soppeng oleh Kepala UPT SMAN 2 Soppeng Andi Musafir, S.Pd. M.Si. (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – SMAN Cangadi Soppeng yang sekarang bernama UPT SMAN 2 Soppeng saat ini telah memiliki alumni lebih dari 10 ribu sejak didirikan pada 1980 lalu.

Sekolah tersebut pun telah punya Ikatan Alumni yaitu IKA Smanca Soppeng.

Pengurus Ikatan Alumni SMAN Cangadi Soppeng disingkat IKA Smanca periode 2024-2028 pun telh dikukuhkan, yaitu pada hari Ahad 15 September 2024 di Hotel The Rinra Makassar oleh Kepala UPT SMAN 2 Soppeng Andi Musafir, S.Pd. M.Si.

Read More

Pada sambutannya, Andi Musafir berharap peran alumni sangat diharapkan untuk memberi dukungan terhadap peningkatan kompetensi Alumni SMAN Cangadi/SMAN 2 Soppeng.

Sebagai ketua yang dikukuhkan adalah Kombes Pol Faizal, S.I.K., M.H. Faizal yang terpilih kembali sebagai ketua Umum IKA SMANCA Periode 2024-2028, setelah sebelumnya juga sebagai Ketua Umum periode 2020-2024.

Alumni Akpol 1996 tersebut saat ini sedang bertugas di Korlantas Mabes Polri Jakarta.

Dalam sambutannya, Faizal sangat mengharapkan keberadaan Pengurus IKA SMANCA yang memiliki latar belakang profesi yang berbeda untuk lebih optimal memberi kontribusi bukan hanya bagi almamater tetapi juga memberi peran lebih luas di Nusantara.

“Saya berharap, alumni atau anggota pengurus IKA Smanca bisa berkontribusi lebih nyata bagi almamater, masyarakat, lingkungan, untuk kita semua,” harap Faizal.

Kegiatan pelantikan kali ini dirangkaikan dengan Rapat Kerja untuk menyusun Program kerja.

Kombes Faizal resmi memimpin IKA SMANCA untuk periode kedua (dok: Istimewa)

“Sebanyak sembilan bidang masing-masing mempresentasikan rencana kerjanya atau action plan sesuai visi misi IKA SMANCA. Panitia memilih tema dari kegiatan tersebut adalah peningkatan peran strategis alumni untuk mendukung peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Jumardi Lanta, ketua harian IKA Smanca.

Dia juga menyebut ada sebanyak 85 orang pengurus Pengurus IKA SMAN Cangadi hadir pada kegiatan tersebut.

Para pengurus IKA Smanca Soppeng yang dikukuhkan (dok: Istimewa)

Dikatakan Jumardi, Drs. H. Ahmad Lamo, M.Pd. selaku koordinator SC saat menyampaikan orientasi sebelum Raker menyampaikan agar program kerja yang dirumuskan sesuai dengan visi misi IKA SMANCA sebagai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Kemudian dilanjutkan pengantar Raker oleh Prof. Dr. Drs. Stang, M.Kes, dan Prof. dr. Upik Andriani Miskad, Ph.D,” tambah Jumardi.

Dua nama yang disebut terakhir adalah guru besar Universitas Hasanuddin sebagai anggota dewan penasehat menekankan pentingnya kompetensi alumni IKA SMANCA menghadapi persaingan global saat ini.

“Ada tiga kategori alumni yang perlu kita tingkatkan kompetensinya yakni alumni yang masih menempuh proses belajar, alumni yang sedang mencari pekerjaan dan alumni yang sementara bekerja,” sebut Prof Stang.

“Alumni yang sudah sukses pada profesi apapun harus menjadi ambasador atau duta dalam menyampaikan kisah suksesnya sehingga memberi inspirasi kepada alumni agar mereka memilih jurusan setelah tamat sesuai minat dan bakat serta peluang masa depan yang menjanjikan,” tambah Prof Upik Andriani.

Ketua IKA SMANCA, Kombes Faizal berharap kontribusi alumni untuk almamater, masyarakat dan lingkungan (dok: Istimewa)

‘Oleh karena itu kegiatan go to school perlu ditingkatkan frekuensinya agar calon-calon alumni memperoleh gambaran dan pengayaan memilih dan merencanakan masa depannya,” tambahnya.

Jumardi Lanta yang berfungsi sebagai pemandu pada kegiatan Raker membagikan kesimpulan rapat kerja.

“Bahwa alumni yang memiliki potensi dari berbagai latar belakang yang berbeda perlu meningkatkan sinergi untuk membangun kolabarasi fungsional para pihak baik sekolah, pemerintah, perguruan tinggi dan sektor swasta,” kata dia.

“Sebagaimana program kerja yang dirumuskan oleh semua bidang terhadap dukungan peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dalam.lingkup sekolah mau masyarakat di wilayah kabupaten soppeng khususnya dan wilayah nusantara pada umumnya dimana alumni SMANCA berada,” kunci alumni Teknik Arsitektur Unhas yang juga program manager pada COMMIT Foundation yang berbasis di Mskassar ini.

Redaksi

Related posts